Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kalteng

Komite Seni Budaya Nusantara Gelar Belajar Melukis Pemandangan Alam

×

Komite Seni Budaya Nusantara Gelar Belajar Melukis Pemandangan Alam

Sebarkan artikel ini
15 Melukis
PELATIHAN MELUKIS - Para peserta antusias mendengarkan paparan narasumber pelatihan melukis pemandangan alam.(KP/istimewa)
Iklan

Palangka Raya, KP – Guna meningkatkan keterampilan seniman lukis di Bumi Isen Mulang, Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pelatihan melukis pemandangan alam di Palangka Raya, Jumat (6/10).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Umum KSBN, Rudy Irawan yang dipusatkan di Tamah Budaya Kalteng, kawasan Pameran Temanggung Tilung diikuti puluhan guru dan siswa se-Kota Palangka Raya.

Iklan

Acara sendiri dimulai dengan penampilan Seni Tari Giring-giring dari Sanggar Ruai Bajenta.

Rudy Irawan mengatakan, keindahan alam perlu diapresiasi dalam bentuk seni lukis, yang merupakan bagian dari seni rupa, yang terus dikembangkan dan dilestarikan dari generasi ke generasi.

Diakui sejak lama, seni melukis pemandangan alam di kalangan pelajar masih monoton, seperti sungai atau sawah dan gunung disertai pohon kelapa atau pohon lainnya.

Tetapi sesuai perkembangan, pola monoton itu harus dikembangkan lagi melalui pelatihan tersebut.

“Karena itu, saya berharap kegiatan belajar melukis pemandangan alam tersebut mampu memberi bekal dan wawasan bagi peserta dalam melukis keindahan alam di Kalteng,” ujarnya.

Untuk itu, ia berpesan kepada peserta untuk bisa bertanya bagaimana pelukis mengekpresikan imanijasinya dalam berkarya agar warisan budaya di Kalteng tumbuh dan berkembang, bahkan lestari di masa datang.

Semetara itu, Ketua Panitia Weni dari Sanggar Winei Mapakat menjelaskan tujuan kegiatan untuk menggali dan mengasah keterampilan seni lukis dalam mengembangkan bakat dan minatnya melukis pemandangan alam dan lainnya.

Pasalnya melalui lukisan mampu memberikan inspirasi dan mewariskan budaya bagi generasi penerus berbangsa dan bernegara sebagai identitas yang membanggakan.
Kegiatan dihadiri Ketua V Komite Rudi Paul, dan menampilkan dua pemateri Rudi dan Norivansyah.(drt/K-10)

Iklan
Baca Juga :  Arhensa Mullah Muhammad Jabat Ketua Komisi IV DPRD Kapuas
Iklan
Ucapan