Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Palangka Raya

Diskominfosantik Kalteng Gelar Ini untuk Tingkatkan SDM

×

Diskominfosantik Kalteng Gelar Ini untuk Tingkatkan SDM

Sebarkan artikel ini
IMG 20231207 WA0029
Diskominfosantik Kalteng Agus Siswadi. (Kalimantanpost.com/Drt)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com.-Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ASN di bidang Informasi dan Teknologi (IT), Pemerintah Kalteng melalui Diskominfosantik gelar kegiatan pelatihan Infografis, Mikrotik dan Linux Operating System.

Kegiatan diikuti sejumlah operator IT jajaran Pemerintah Kalteng, dan diselenggarakan selama sehari di Hotel Luwansa Palangka Raya, Kamis (7/12/2023).

Iklan

Kepala Diskominfosantik Kalteng Agus Siswadi mengatakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah dalam percepatan pembangunan di Kalteng adalah dengan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang terintegrasi dengan satu data dan satu aplikasi.

“Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas pelayanan publik di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Menurut Agus, dalam menyikapi era big data, setiap orang berusaha memahami isi dari data tersebut, semakin besar data yang disuguhkan maka semakin banyak pula waktu yang diperlukan untuk memahaminya.

Diakuinya, tantangan sesungguhnya adalah meski data yang ada sangat besar, perlu menyajikan informasi yang telah dipahami kepada orang lain dengan sederhana dan mudah dimengerti. “Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mengambil data dan menyiapkan infografis,” katanya.

Agus menambahkan, dengan berkembangnya teknologi dunia, Mikrotik dibentuk sangat khusus untuk mempermudah berbagai kebutuhan jaringan komputer.

Mikrotik adalah sistem operasi yang berbasis perangkat lunak (software) yang dipergunakan untuk menjadikan komputer sebagai router sebuah jaringan. Mikrotik juga menggunakan sistem operasi berbasis Linux dan menjadi dasar network router.

“Sistem operasi ini sangat cocok untuk membangun administrasi jaringan komputer yang berskala kecil hingga besar,” jelasnya.

Agus mengungkapkan, pelatihan Mikrotik Router ini sangat bermanfaat agar ASN memahami konsep jaringan komputer skala kecil maupun besar sehingga dapat mengawasi dan memanajemen jaringan yang telah dirancang.

Baca Juga :  Gubernur Lakukan Tanam Perdana Padi Gogo di Kecamatan Laung Tuhup

Disebutkan, bersamaan dengan kegiatan pelatihan, peserta dapat mengenal sistem operasi Linux yang sering digunakan pada sistem operasi server.

“Linux digunakan secara luas sebagai sistem operasi server karena keandalannya dan kemampuannya untuk mengelola sumber daya jaringan dan server dengan baik,” sebutnya.

Agus mengajak seluruh peserta agar mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan antusiasme.

“Mari bersama-sama membangun Kalimantan Tengah yang berdaya saing, berkeadilan, dan berwawasan masa depan, berkualitas dan berdaya guna,” tukasnya.

Hadir pada agenda tersebut Kepala Bidang E-Government Syayuti, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Edi Juardi, dan peserta pelatihan dari perwakilan Perangkat Daerah lingkup Kalteng. Hadir pula para narasumber dari PT. Global Intermedia Nusantara Yogyakarta, Janottama Kalam Putra, Sucipto, dan Hedy Helyanto. (drt/KPO-3)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan