Pengaspalan “Jalan” Paman Birin

Banjarbaru, KalimantanPost.com – Nama Paman Birin atau Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, disematkan menjadi nama salah satu ruas jalan di Kabupaten Baritokuala (Batola). Jalan dengan nama Paman Birin tersebut menghubungkan antara Desa Bahandang di Kecamatan Jejangkit dengan Desa Tatah Alayung di Mandastana.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kalimantan Selatan mulai mengaspal ruas tersebut.

Jalan yang dibangun dengan pola Karya Bakti TNI itu sepanjang 11 kilometer dengan lebar 5 meter mulai dibangun sejak awal 2023

“Sekarang jalan yang sudah diaspal sepanjang 1,7 kilometer. Insyaallah mulai 2024, akan diaspal sampai ujung. Kami hanya melanjutkan pengaspalan untuk mempermudah akses masyarakat setempat,” papar Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kalsel, Azan SY Muaz.

Penyematan nama Jalan Paman Birin itu atas inisiatif warga setempat. Pemerintahan belum memberikan nama resmi atas ruas yang kini menjadi aset Pemprov Kalsel tersebut. Sebelumnya ruas tersebut milik Pemkab Batola.

Selain Jalan Paman Birin, PUPR Kalsel juga mengaspal jalan dari Desa Jejangkit Muara menuju Desa Tajau Landung di Kecamatan Sungai Tabuk.

Jalan tersebut terhubung dengan Jembatan Bahandang yang menghubungkan Batola dan Banjar.

Berita Lainnya
1 dari 3,073

Adapun proses pembangunan jembatan diklaim rampung akhir 2023. Jembatan Bahandang dibangun dengan panjang 170 meter dan lebar 6 meter.

Dikerjakan melalui skema dua tahun berjalan.

Tahun ini pembangunan file slap dan rangka baja jembatan.

Jika Jembatan Bahandang rampung maka menghubungkan lima akses sekaligus. Arah Jejangkit Batola.

Kemudian Tatah Alayung tembus Jalan Gubernur Syarkawi.

Selanjutnya Jalan arah Tajau Landung – Keliling Benteng.

“Berikutnya jalan tembus Martapura Lama dan jalan temus c Cintapuri Darussalam Kabupaten Banjar,” pungkas Azan.(mns/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya