Beautifikasi Kawasan
Anang Resmikan Padangin Menjadi Desa Warna Warni

Tanjung, KP – Upaya lakukan terobosan Desa Padangin Kecamatan Tanta, diresmikan langsung oleh Bupati Tabalong Dr Drs H Anang Syakhfiani M.Si, sebagai desa warna warni sebagai kampung beautifikasi (upaya memperindah) kawasan permukiman, belum lama tadi.

Camat Tanta H Ady Fazar S.Sos SH Kp MH, saat paparan menjelaskan bahwa kampung warna warni adalah salah satu kampung unggulan untuk Desa Padangin, kampung warna warni adalah kampung beautifikasi kawasan pemukiman seperti Desa Padangin ini adalah satu-satunya di Banua Lima, dan merupakan yang ke-5, setelah Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan lainnya, ujarnya.

“Ini merupakan role model (percontohan) dan ini merupakan kolaborasi anggaran dari dana desa, Perkim Kabupaten Tabalong dan pihak swasta,” ujar Fazar.

Berita Lainnya
1 dari 3,505

Sementara itu, Bupati Tabalong menjelaskan bahwa istilah kampung warna warni terasa aneh kedengarannya, “apa itu kampung warna warni? dan kenapa lokasinya di Desa Padangin? kita sama-sama mengetahui Kecamatan Tanta adalah salah satu kecamatan yang paling tua di Kabupaten Tabalong,” ujarnya.

“Kecamatan Tanta, bergandengan dengan ibukota kabupaten, maka susah mau maju, ingin mengembangkan pertanian, lahan terus dirambah oleh sektor perkotaan, mau jadi perkotaan, padahal dia berada di pedesaan. Oleh sebab itu hari ini kita sepakat saja Tanta tetap kita pertahankan sebagai kecamatan, tetapi harus berusaha untuk mendukung ibu kota Kabupaten Tabalong dan wilayah perkotaan, oleh sebab itu kita harus membuat daya tarik, dulunya jika ada orang datang ke Kecamatan Tanta paling ke Desa Warukin, mencari cempedak, nyaris tidak ada ciri khasnya,” jelas Anang.

Selebihnya, Anang menjelaskan saat ini jika ada yang mau mencari batik Tabalong, sudah tidak usah ke tempat lain, cukup di Desa Mangkusip dan Desa Luk Bayur sudah ada, yang ternyata hasilnya tidak kalah dengan produksi kampung batik lainnya. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya