Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Yuswanto Selamatkan Barito Putera dari Kekalahan Atas Persib Bandung

×

Yuswanto Selamatkan Barito Putera dari Kekalahan Atas Persib Bandung

Sebarkan artikel ini
IMG 20240223 WA0035 1 e1708699121555
Pemain belakang Barito Putera, Yuswanto meluapkan kegembiraan usai menjebol gawang Persib Bandung. Kedua tim bermain imbang 1-1 dalam pertandingan pekan ke-25 Liga 1 Indonesia yang berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul pada malam hari ini, Jumat (23/2/2024) malam. (Kalimantanpost.com/Instagram psbaritoputeraofficial)

BANTUL, Kalimantanpost.com – Gol melalui sundulan kepala yang dibuat Yuswanto menyelamatkan Barito Putera dari kekalahan atas Persib Bandung dalam pertandingan pekan ke-25 Liga 1 Indonesia yang berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul pada malam hari ini, Jumat (23/2/2024) malam.

Sebelumnya, Persib Bandung unggul lebih dulu di menit 11 melalui sepakan David da Silva.

Iklan

Tambahan satu poin dari hasil imbang 1-1 itu, Barito Putera tetap tertahan diperingkat 7 dengan poin 34 dari 25 kali main. Begitu juga dengan Persib tetap menempati posisi 3 dengan poin 42.

Walau pun bertindak sebagai tuan rumah, Barito Putera tampil dibawah tekana Persib Bandung. Ini disebabkan gelandang yang ditempati Natanael Ringo, Mike Ott, Rizky Pora dan Bayu Pradana kalah bersaing dengan pemain Maung Bandung yang dimotori Marc Klok, Dedi Kusnandar dan Stefano Beltrame, dan Beckham Putra.

Akibat kalah penguasaan bola, Persib lebih dominan melakukan serangan melalui
Ciro Alves dan David da Silva.

Itu terbukti pertandingan baru berjalan dua menit, David da Silva dan Ciro Alves sudah mengancam gawang Barito Putera. Untung saja sentuhan kedua pemain ini saat menahan bola kurang sempurna, sehingga peluang terbuang percuma.

Persib terus menggempur lini belakang tim Laskar Antasari yang dikawal Renan Alves, M Firly, Buyung Ismu dan Bagas Kaffa.

Di menit 6, Ciro yang lepas dari kawalan pemain belakang Barito Putera, untungnya tendangannya masih ke samping kanan gawang Barito Putera yang dikawal Ega Rizky.

Giliran da Silva yang berhasil melepaskan diri dari kawalan pemain belakang tim Seribu Sungai, hanya saja
sontekan da Silva dimenit 9 bisa di tips kiper Ega.

Serangan bergelombang Persib akhirnya membuahkan hasil di menit ke-11. Berawal umpan panjang dari Marc Klok dari tengah ke depan, da Silva menang adu sprint dan menggiring bola ke kotak penalti.

Baca Juga :  Gagalnya Ekspremen Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Ditaklukkan China 1-2

Renan berusaha memblok sambil menjatuhkan diri tapi tendangannya dengan kaki kanan berhasil menjebol gawang Barito Putera yang dikawal Ega Rizky.

Ketinggalan 0-1, Barito Putera tetap tak bisa mengembangkan permainan. Duet striker Gustavo Tocantins dan Murilo Mendez kesulitan menebus lini belakang Persib yang dikawal Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, dan Rezaldi Hehanusa.

Malah di menit 34, Persib kembali mendapat peluang da Silva untung saja tendangan tak tepat sasaran.

Hingga turun minum, Persib masih unggul 1-0 atas Barito Putera.

Memasuki babak kedua, Natanael Ringo yang kurang maksimal di lini tengah ditarik keluar dan memasukkan striker Devid Silva. Mike Ott dikembalikan ke posisi aslinya sebagai pengatur serangan.

Pertandingan berjalan satu menit atau 46, Persib kembali mendapat peluang melalui Ciro Alves setelah menerima umpan Beckham Putra, untung saja tendangan melambung.

Pelan-pelan Barito Putera mulai menemukan ritme permainannya dengan satu dua sentuhan.

Di menit 47 tendangan Murilo Mendez berhasil ditepis kiper Persib asal Filipina, Kevin Ray Mendoza.

Begitu juga umpan terobosan Buyung Ismu yang menerobos dari rusuk kanan lawan di menit 51, sayangnya Tocantins terlambat mencocor bola di depan gawang.

Menambah daya gedor, Rizky Pora ditarik keluar pada menit 60 diganti Bagus Kahfi. Permainan Barito Putera lebih berkembang.

Di menit 69, Mike Ott memberikan umpan terobosan kepada Tocantins. Sewaktu menggiring bola, Nick Kuipers dan Alberto Rodriguez mengganjal striker Barito.

Wasit pun memberi kartu merah kepada Alberto dan tendangan bebas. Mike Ott yang melakukan tendangan bebas, hanya membentur mistar gawang.

Unggul jumlah pemain, Barito Putera mengurung pertahanan Persib. Tendangan Renan yang ikut maju ke depan setelah menerima umpan Buyung Ismu masib ke samping gawang pada menit 73.

Baca Juga :  Peru Taklukkan Uruguay, Argentina Masih Memimpin Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol

Gagal membobol gawang Persib, pelatih Barito Putera Rahmat Darmawan memasukkan tiga pemain sekaligus yakni Eksel, Ferdiansyah dan Yuswanto di menit 86 menggantikan Tocantins, Murilo dan Mike Ott.

Strategi itu membuahkan hasiil. Di menit 90 Barito Putera menyamakan kedudukan 1-1 melalui sundulan kepala Yuswanto memanfaatkan tendangan sudut Ferdiansyah.

Di menit 90+1, Eksel kembali mendapat peluang saat menang duel dengan pemain Persib. Sayangnya bola lepas dari kakinya hingga peluang emas hilang.

Hingga pertandingan usai, kedudukan 1-1 tak berubah. (ful/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Jumat (23/2/2024)

  • Barito Putera vs Persib Bandung 1-1
  • Persita Tangerang vs Persebaya Surabaya 1-1
  • PSIS Semarang vs Dewa United 1-1

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan