Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Lagi, Disiapkan Armada Mudik Gratis Lebaran

×

Lagi, Disiapkan Armada Mudik Gratis Lebaran

Sebarkan artikel ini
ARMADA disiapkan bagi masyarakat yang ingin kembali ke kampung halaman saat libur lebaran mendatang. (Ist)

Banjarbaru, KP -Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin kembali menyediakan armada mudik gratis.

Armada tersebut disiapkan bagi masyarakat yang ingin kembali ke kampung halaman saat libur lebaran mendatang.

Sama seperti tahun sebelumnya, angkutan mudik gratis tidak hanya diperuntukkan bagi pegawai saja, namun juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum. “Kita akan adakan rapat kembali bagaimana mekanismenya nanti, namun kita berharap tahun ini kita akan kerja sama dengan pihak Organda,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kalsel M Fitri Hernadi, Rabu (13/3).

Berkaca pada tahun kemarin, kata Fitri pihaknya hanya kerjasama melalui Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kalsel, yaitu dengan 55 bus dengan jumlah 600 pemudik.

“Target tahun ini kira-kira 1.000 pemudik, mudah-mudahan sesuai ekspektasi dan pihak Organda dapat memenuhi standar dari pemprov kalsel,” ungkapnya.

Fitri menyebutkan syarat standar oleh pemprov Kalsel yakni harus lulus dari pemeriksaan Ram Check atau pemeriksaan keselamatan terhadap kendaraan umum oleh pihaknya.

“Tujuannnya untuk memastikan kondisi kendaraan saat membawa pemudik aman dan ini sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan,” tukasnya.

Disisi lain, rute tujuan mudik gratis ini belum bisa dipastikan, lantaran masih tahap awal rapat untuk mudik gratis 2024.

Belajar dari tahun lalu, mudik gratis dilaksanakan pada 19-20 April 2023, dengan titik start pengangkutan penumpang bertempat di Siring 0 Kilometer Kota Banjarmasin, Jalan Sudirman depan Siring Sungai Martapura, dan Lapangan Murjani Kota Banjarbaru.

Adapun rute mudik gratis Banua Anam meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Tabalong. Rute lainnya, ke daerah pesisir, yakni Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru

Pada tahun lalu saat pelepasan mudik gratis, Gubernur Kalsel, Paman Birin menekankan agar pelaksanaan mudik gratis bersama dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, agar masyarakat merasa nyaman menjalani mudik lebaran, serta keselamatannya juga dapat terjamin.

Baca Juga:  Polisi Kalsel Gagalkan Pengiriman Shabu Setengah Kilo Lebih ke Tanbu

Program mudik gratis bersama Paman Birin ini merupakan wujud kehadiran pemerintah bagi masyarakat.

“Kita ketahui, setiap tahun di bulan suci Ramadan, masyarakat kita akan melakukan mudik lebaran, maka dari kita dari pemerintah harus mampu hadir untuk melayani masyarakat,” sampainya.

Paman Birin mengapresiasi antusias masyarakat yang mengikuti program mudik gratis ini, dimana dalam waktu 6 jam setelah dibuka pendaftaran, kuota yang disiapkan oleh Pemprov Kalsel sudah terpenuhi.

“Ini sangat luar biasa, hanya 6 jam, kurang dari 1 hari, kuota penumpang yang disediakan sudah terpenuhi,” sampainya. (mns/K-2)

Iklan
Iklan