Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

12 Atlet Kalsel Masuk Semifinal, Kejurnas Pencak Silat Antar PPLP/PPLPD dan SKO 2024

×

12 Atlet Kalsel Masuk Semifinal, Kejurnas Pencak Silat Antar PPLP/PPLPD dan SKO 2024

Sebarkan artikel ini
PENCAK SILAT : Di Kejurnas di Gelora Paman Birin. (Kp/nafarin fauzy)
ASFIA URRACHMAN

IKalsel meloloskan 12 atletnya ke semifinal Kejurnas Pencak Silat antar PPLP/PPLPD dan SKO 2024, di Gelora Paman Birin Banjarbaru, Kamis (30/5/2024).

Banjarbaru, KP – Sebanyak 12 pesilat tuan rumah Kalimantan Selatan, lolos ke babak semifinal Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat antar PPLP/PPLPD dan SKO yang akan bertanding, Kamis (30/5/2024) di Gelora Paman Birin Banjarbaru.

“Pertandingan sudah memasuki babak semifinal. Pada fase ini, Kalsel meloloskan sebanyak 12 atlet,” ungkap Kepala Seksi Pengelolaan Olahraga Pendidikan dan Sentra Olahraga Dispora Kalsel, Asfia Urrahman SH, Kamis (30/5/2024).

Atlet yang lolos tersebut, lanjutnya, bukan hanya dari binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Kalsel. “Ada juga dari PPLPD Kabupaten di Kalsel, yakni binaan Banjar, Banjarmasin Balangan, dan Tanah Lau,” bebernya.

Ini artinya, pembinaan PPLPD Kalsel sudah memperlihatkan hasil yang cukup baik. “Apalagi bisa masuk semifinal yang mampu menyisihkan para pesaingnya dari provinsi lain,” ucapnya.

Harapannya, lanjutnya, semoga bisa masuk final dan mempersembahkan medali emas. “Untuk partai final dilangsungkan Jumat (31/5/2024), sekaligus pengalungan medali,” bebernya.

Adapun atlet Kalsel yang masuk semifinal, Abdurrahman PPLPD Banjar vs PPLP Medan, Nur Halipah PPLPD Bjm vs PPLP Aceh, M Hambali PPLPD Banjar vs PPLPD Kutai, M. Herlan PPLPD Banjar vs PPLP NTB, Rezky Ali PPLP Kalsel vs PPLP NTB, M Padillah PPLPD Balangan vs PPLPD Jateng, Siti Khodijah PPLPD Banjar vs PPLP Kaltim, M Chabir PPLPD Bjm vs PPOM Bogor, M Sandi Ananda PPLP Kalsel vs PPLP Jawa Barat, Risma Maulida PPLP Kalsel vs SKOI Kaltim, Rayhan PPLPD Tala vs PPLP Kep Riau, Bunawar PPLP Kalsel vs PPLP Kepulauan Riau.

-Diresmikan Gubernur Paman Birin

Baca Juga:  Grappling Match Diikuti Warga Amerika dan Santri Ponpes

Kejurnas Pencak Silat Antar PPLP/PPLPD dan SKO Se-Indonesia 2024 resmi dibuka di Gelora Paman Birin, Banjarbaru, Kalsel. Acara berlangsung dari 26 Mei hingga 1 Juni 2024 ini diikuti oleh 27 provinsi di seluruh Indonesia.

Pembukaan Kejurnas Pencak Silat ini dilakukan langsung Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, yang juga merupakan Ketua IPSI (Ikatan Pencak silat Indonesia) Kalsel.

Dalam sambutannya, Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel, berharap agar kegiatan ini dapat melahirkan atlet-atlet pencak silat terbaik nasional yang berjiwa sportif.

“Melalui kejuaraan ini, saya berharap dapat melahirkan atlet-atlet pencak silat terbaik yang berjiwa sportif dan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Paman Birin.

“Saya harap penyelenggaraan Kejurnas Pencak Silat ini dapat berjalan dengan baik dan sukses. Kepada para peserta, saya berpesan agar menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding. Tunjukkan kemampuan terbaik kalian dan raih prestasi yang gemilang,” pesan Paman Birin.

Kadispora (Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga) Kalsel, Drs H Hermansyah, menambahkan Kejurnas Pencak Silat ini pertama kali digelar di Gelanggang Olah Raga (Gelora) Paman Birin.

“Ini merupakan event pertama kali kita gunakan Gelora Paman Birin untuk Kejurnas Pencak Silat. Mudah-mudahan dengan event ini, kita bisa melahirkan atlet-atlet pencak silat yang berprestasi dan mengharumkan nama daerah maupun nasional,” kata Hermansyah.

Upacara pembukaan dihadiri unsure Forkompimda Kalsel, sejumlah pejabat Pemprov Kalsel, Sekretaris Dispora, Fathul Bahri, Kabid Binpres Heru Susmianto, Kabid Pembudayaan Olahraga, Budiono, dan para Kasi, Rijal Hamid dan Asfia Urrachman dan Arief Noor Rachman, Kabid Pemberdayaan Pemuda, Rokhyatin Effendi dan dari Bidang Pengembangan Pemuda bersama para staff semua bidang di Dispora Kalsel.

Kejurnas Pencak Silat Antar PPLP/PPLPD dan SKO Se-Indonesia 2024 ini mempertandingkan berbagai kategori putra dan putri, dengan total 43 kelas pertandingan. Para peserta akan memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu di setiap kategori. (nfr/k-9)

Iklan
Iklan