Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Paman Birin dan Acil Odah Bawakan Oleh-oleh Khas Banjar, Kue hingga Kain Sasirangan

×

Paman Birin dan Acil Odah Bawakan Oleh-oleh Khas Banjar, Kue hingga Kain Sasirangan

Sebarkan artikel ini
HALALBIHALAL -Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah, ketika ikut Halalbihalal 1445 H / 2024 M Kerukunan Bebuhan Banjar (KBB)Jabodetabek di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat Sabtu (4/5). (Adv)

MEMERIAHKAN Halalbihalal 1445 H / 2024 M Kerukunan Bebuhan Banjar (KBB) Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek) di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat sangat terasa pada Sabtu (4/5).

Kemeriahan acara tak lepas dari kehadiran Gubernur Kalsel (Kalimantan Selatan), H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, beserta istri Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah.

Bagaimana tidak, tak sekedar bersilaturahmi saja, tetapi Paman Birin dan Acil Odah membawa oleh-oleh istimewa bagi para tamu warga Banjar di Jabodetabek.

Oleh-oleh khas Banua itu adalah 400 kue bingka, kue lam, baju kaos hingga kain sasirangan.

Semua warga Banjar di Jabodetabek pun mendapat oleh-oleh dari Paman Birin dan Acil Odah.

“Ulun sengaja bawa oleh-oleh ini untuk mengobati kerinduan warga Banjar di sini.

Walaupun sudah lama kada bulik kampung, semoga oleh-oleh ini bisa sedikit mengingatkan kita akan kampung halaman,” tutur Paman Birin.

Paman Birin berharap dengan mencicipi kue-kue khas Banjar ini, para warga Banjar di Jabodetabek dapat merasakan kembali suasana kampung halaman.

Lebih dari itu, Paman Birin mengajak Bubuhan Banjar di Jabodetabek untuk selalu menjaga tradisi dan budaya Banjar, meskipun jauh dari tanah kelahiran.

“Jangan lupakan tradisi dan budaya Banjar kita, meskipun kita jauh dari kampung halaman.

Mari kita jaga dan lestarikan budaya Banjar, agar tidak punah ditelan zaman,” pesan Paman Birin penuh semangat.

Bagi Raihan (65), seorang pensiunan PNS asli Banjar yang telah merantau di Jakarta selama 50 tahun, mengungkapkan rasa harunya saat menghadiri Halalbihalal KBB Jabodetabek.

“Sudah lama sekali saya tidak merasakan suasana kekeluargaan seperti ini. Acara ini mengingatkan saya pada kampung halaman, pada tradisi dan budaya Banjar yang selalu dirindukan,” ungkapnya dengan penuh haru.

Baca Juga:  Universitas Filipina dan Uniska Banjarmasin Pertukaran Dosen

Terlebih lagi, kata Raihan, Paman Birin dan Acil Odah membawa berbagai aneka oleh-oleh khas Banjar yang bisa dibawa pulang.

Senada dengan Raihan, banyak warga Banjar lainnya juga mengungkapkan rasa antusiasme dan apresiasi mereka terhadap acara.

“Acara sangat meriah dan penuh dengan kekeluargaan.

Saya senang sekali bisa berkumpul dengan sesama warga Banjar di sini dan merasakan kembali suasana kampung halaman.

Terimakasih Paman Birin dan Acil Odah yang berkenan hadir,” ujar Muhammad, salah satu warga Banjar lainnya.

Masyarakat Banjar di Jabodetabek berharap acara Halalbihalal KBB Jabodetabek ini menjadi tradisi tahunan yang menjadi wadah untuk memperkuat rasa kebersamaan dan kekeluargaan. (adv/K-2)

Iklan
Iklan