Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hulu Sungai Tengah

Desa Ilung Raih Juara Pertama Lomba SDGs Desa 2024 Regional Kalimantan, Bertarung di Tingkat Nasional

×

Desa Ilung Raih Juara Pertama Lomba SDGs Desa 2024 Regional Kalimantan, Bertarung di Tingkat Nasional

Sebarkan artikel ini
1000431826 e1718498541974

BARABAI, Kalimantanpost.com – Desa Ilung, Kecamatan Batang Alai Utara (Batara) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan meraih prestasi juara pertama lomba Sustainable Development Goals (SDGs) atau Pembangunan Berkelanjutan regional Kalimantan yang digelar Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Hal tersebut sesuai dengan Pengumuman dari Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kementrian Desa PDTT RI nomor 254/PRI.05.VI/2024 tentang Penetapan Hasil Seleksi Tahap Empat Lomba SDGs Desa Tahun 2024

Iklan

Ada dua desa di Kabupaten HST yang mewakili Kalimantan Selatan lomba SDGs Regional Kalimantan yakni Desa Ilung dan Desa Pandawan mengikuti seleksi tahap 4 memperebutkan juara 1 regional Kalimantan.

Pada tahap empat Desa Ilung Kecamatan Batara menjadi juara pertama dan Desa Pandawan Kecamatan Pandawan menjadi juara ketiga regional Kalimanatan lomba SDGs Desa Tahun 2024.

Dengan demikian Desa Ilung Kecamatan Batara mengikuti seleksi tahap 5 (verifikasi lapangan) untuk memperebutkan juara nasional lomba SDGs Desa tahun 2024.

Menurut Camat Batara H Budi Haryanto mengatakan sesuai Petunjuk Pelaksanaan Lomba SDGs Desa 2024 memfokuskan goals 1, 2, 3, 4, 8 dan 13 sebagai bagian dari kriteria penyeleksian dalam menentukan Desa yang dinilai mempunyai keberhasilan dalam mengimplementasikan SDGs Desa dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, sehingga tema yang diusung adalah “Pemanfaatan Dana Desa dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui Implementasi SDGs Desa.”

“Alhamdulillah Desa Ilung mendapat Juara 1 SDGs Desa Regional Kalimantan, dan melaju ke tingkat Nasional,” jelas Budi pada Sabtu (15/6/2024).

Budi mengucapkan terima kasih atas pendampingan, dukungan, inspirasi, fasilitasi, pembinaan kepada seluruh pihak yang mensuport hingga Desa Ilung meraih juara pertama Regional Kalimantan, serta terima kasih atas arahan dan petunjuk dari bapak Bupati HST dalam pencapaian SDGs desa.

Baca Juga :  Pjs Bupati HST Buka FGD Evaluasi LPPD TA 2023 dan Asistensi Persiapan Penyusunan LPPD TA 2024

Budi juga mengharapkan pendampingan, dukungan, inspirasi, fasilitasi, pembinaan dan support dari semua pihak kepada desa Ilung dalam menghadapi seleksi tahap lima kemungkinan ditanggal 20 Juni 2024 verifikasi lapangan untuk merebutkan Juara Nasional lomba SDGs Desa tahun 2024

Bupati Hulu Sungai Tengah H Aulia Oktafiandi mengucapkan rasa syukur dengan prestasi dua desa di wilayahnya. “Alhamdulillah salah satu desa kita yakni desa Ilung Kecamatan Bataravmenjadi juara pertama Regional Kalimantan dan akan melaju ketingkat Nasional,” ucapnya.

Bupati berharap dukungan dan support semua pihak kepada desa Ilung dalam penghadapi seleksi tahap 5 verifikasi lapangan

Ia juga mengapresiasi keberhasilan Desa Pandawan dalam melakukan pembangunan desa yang berkelanjutan sesuai SDGs. Walaupun masih juara 3 regional Kalimantan.

“Terima kasih atas keberhasilan ini. Semoga, desa Ilung Kecamatan Batara bisa meraih juara satu di tingkat nasional,” tuturnya.

Aulia juga berharap, keberhasilan yang diraih oleh Desa Ilung dapat menjadi motivasi bagi desa lain di Kabupaten HST untuk terus mengembangkan kemajuan desa yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat.(ary/KPO-3)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan