Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Skotlandia Berebut Asa Lolos, Swiss Incar Tiket 16 Besar Piala Eropa 2024

×

Skotlandia Berebut Asa Lolos, Swiss Incar Tiket 16 Besar Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
Pelatih Skotlandia Steve Clarke (baju hitam) dan Pelatih Timnas Swiss Murat Yakin (baju putih). (AFP/Antara)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Dua misi yang berbeda diusung Skotlandia dan Swiss dalam pertandingan Grup A Piala Eropa 2024 di Stadion RheinEnergie, Cologne, Jerman, Kamis (20/6) dini hari pukul 02.00 WIB.

Namun, keduanya sama-sama ingin memenangkan pertandingan. Skotlandia bertekad meraih tiga poin agar punya asa lolos ke babak selanjutnya, sedangkan Swiss ingin memenangkan pertandingan supaya bisa melenggang ke 16 besar.

Skotlandia sendiri di partai pembuka ditumbangkan Jerman 1-5, sedangkan Swiss menangkan 3-1 atas Hungaria.

Apabila Swiss menang poinnya 6 dan hampir dipastikan melaju keputaran kedua Piala Eropa 2024. Sebaliknya jika Skotlandia yang tumbang dipastikan masuk kotak.

Pelatih Skotlandia Steve Clarke ingin menebus kekalahan mereka dari Jerman ketika berjumpa Swiss pada lanjutan pertandingan Grup A.

Dikutip dari laman resmi UEFA, Rabu, pada pertandingan sebelumnya Skotlandia harus menelan kekalahan telak dari Jerman dengan skor 1-5.

“Tim ingin kembali ke lapangan dan bermain lebih baik. Mereka ingin menebus kesalahannya,” ungkap Clarke.

Mengenai kekuatan Swiss, Clarke menjelaskan jika skuad asuhan Murat Yakin itu merupakan tim yang bagus dan laga nanti akan menjadi tantangan untuk Skotlandia.

Clarke menyoroti ketajaman Swiss yang pada pertandingan sebelumnya mampu mengalahkan Hungaria dengan skor 3-1, selain itu pemain-pemainnya juga memiliki kecepatan yang perlu diwaspadai.

“Swiss merupakan tantangan besar, mereka sangat kuat di lini depan dan memiliki kecepatan yang baik, jadi kami memperkirakan pertandingan ini akan sulit. Hal yang harus dilakukan adalah memastikan persiapan Anda benar. Kami merasa kami telah melakukan hal itu,” jelas Clarke.

“Kami pikir kami sudah siap menghadapi Jerman, ternyata tidak. Jadi kali ini saya pikir lebih baik tidak banyak bicara dan semoga dengan aksi kami di lapangan kami bisa menunjukkan bahwa kami mempersiapkan diri dengan baik dan hasil positifnya akan menyenangkan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Kejurnas Futsal Paman Birin Cup 2023 Diikuti pemain Iran dan Brazil

Sementara itu, pelatih timnas Swiss Murat Yakin meminta anak-anak asuhnya untuk tetap mewaspadai Skotlandia.

Dikutip dari France24, Rabu (19/6), Yakin mengatakan Skotlandia memiliki motivasi untuk membuktikan apa yang mereka miliki setelah pada pertandingan sebelumnya takluk dari Jerman 1-5.

“Skotlandia harus menunjukkan reaksi. Mereka akan siap mengganggu kita. Saya harap kami bisa memainkan permainan kami sesuai rencana,” jelas Yakin.

“Tekanannya tinggi terhadap Jerman dan mereka bermain sangat keras melawan Skotlandia. Namun ketika Anda menghadapi Skotlandia, Anda harus tahu apa yang mampu mereka lakukan,” sambungnya.

Mengenai persiapan Swiss menjelang pertandingan ini, Yakin mengatakan jika mereka telah mempersiapkan diri dengan baik dan cukup percaya diri menghadapi laga tersebut.

Yakin mengaku sangat menantikan pertandingan ini dan mereka memiliki atmosfer yang luar biasa di stadion terakhir kali bermain dan hal itu sangat menyenangkan ketika memiliki banyak penggemar yang memberikan dukungan.

“Kami mempunyai kepercayaan diri yang besar menjelang pertandingan ini dan tentu saja kami ingin terus seperti itu,” kata Yakin.

“Kami biasanya bermain dengan banyak penguasaan bola, namun kami telah mengubah beberapa hal untuk membuat kami lebih kuat. Kami akan lihat apakah hal itu akan berhasil lagi bagi kami besok,” pungkasnya.

Jelang pertandingan ini, Swiss berada di posisi kedua klasemen sementara dengan tiga poin dari satu laga, sedangkan Skotlandia berada di peringkat keempat tanpa raihan poin. (Ant/ful/KPO+3)

Hasil Pertandingan
Grup A

Sabtu (15/6/2024)

  • Jerman vs Skotlandia 5-1
  • Swiss vs Hungaria 3-1

Jadwal Pertandingan
Rabu (19/6) pukul 23.00 WIB

  • Jerman vs Hungaria

Kamis (20/6) Pukul 02.00 WIB
Skotlandia vs Swiss

Klasemen Sementara Grup A

  1. Jerman 1 1 0 0 5-1 3
  2. Swiss 1 1 0 0 3-1 3
  3. Hungaria 1 0 0 1 1-3 0
  4. Skotlandia 1 0 0 1 1-5 0
Baca Juga:  RDP bertekad terus mencetak Atlet Dancesport berprestasi

Iklan
Iklan