Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Kalsel Bertekad Perbaiki Perolehan Medali, Kirim 276 Atlet ke PON XXI di Sumatera – Aceh

×

Kalsel Bertekad Perbaiki Perolehan Medali, Kirim 276 Atlet ke PON XXI di Sumatera – Aceh

Sebarkan artikel ini
Kabid Peningkatan Prestasi Dispora Kalsel, Heru Susmianto. (Kalimantanpost.com/ful)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Kontingen Kalimantan Selatan yang berekuatan 276 orang dengan mengikuti 42 cabang olahraga akan berusaha memperbaiki perolehan medali dan peringkat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara (Sumut) – Aceh, 6 – 21 September 2024.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kalsel, Hermansyah melalui Kabid Peningkatan Prestasi, Heru Susmianto mengatakan di PON XX di Papua 2-15 Oktober 2021 lalu, daerah ini bertengger di urutan 22 dengan perolehan 4 medali emas, 9 medali perak dan 12 medali perunggu.

“Harapan masyarakat Kalsel dan kami, di PON XXI di Sumut – Aceh perolehan medali emas, perak dan perunggu lebih banyak, sehingga mampu memperbaiki peringkat dibanding sebelumnya,” paparnya, Selasa (9/7/2024).

Ditambahkan Heru, menghadapi PON XXI memang tidak ada pemusatan latihan tapi berupa TC mandiri dengan program latihan diserahkan pelatih dan manager masing-masing cabang.

“Ada beberapa cabang yang melaksanakan TC dan try out ke luar daerah dan luar negeri, ada juga TC berjalan dan latih tanding di daerah saja,” paparnya.

Namun, Heru optimis dengan semboyan Urang Banjar, haram manyarah dan waja sampai, atlet-atlet Kalsel akan mampu memberikan yang terbaik di PON XXI mendatang.

Dia menambahkan, untuk perolehan medali diharapkan dari cabang olahraga gulat, biliar, menembak, tinju, angkat besi, panjat tebing, pencak silat, karate, dayung, berkuda dan lain-lain.

“Beberapa cabang olahraga di atas berhasil memperoleh medali di Pra PON XXI lalu. Kita harapkan mereka bisa memperrtahankan baik medali emas, perak dan perunggu yang diraihnya di Pra PON,” tandasnya.

Selain atlet gulat, tinju dan biliar, lanjut dia, atlet cabang atletik ada Dina Aulia asal Barabai yang saat ini menghuni Pelatnas dan peraih medali perunggu di SEA Games 2023 Kamboja di nomor 100 meter lari gawang putri juga diharapkan juga bisa menyumbangkan medali emas.

Baca Juga:  Sebanyak 288 Kantong Darah Terkumpul Dari Donor HUT ke 20 BSC Teluk Dalam

Lalu, di panjat tebing melalui atlet pelatnas Mohammad Ferza Fernanda di nomor Boulder serta Noor Arsyada
yang bersekolah sedang di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan Jakarta.

Selain itu, cabang olahraga non unggulan pun diharapkan mampu mendulang medali agar bisa membantu mendongkrak peringkat Kalsel di PON XXI mendatang.

Di PON XXI nanti Kalsel meloloskan 42 cabang olahraga yakni
Aeromodeling, gantole, terbang layang, anggar, angkat besi, arung jeram, berkuda, dayung, Hapkindo.

Lalu cabang olahraga
judo, kurash, kempo, menembak, Muaythai, panahan, panjat tebing, sepakbola, tenis lapangan, loncat indah, triathlon, atletik, balap sepeda, barongsai, balap motor, biliar, binaraga, bulutangkis, dansa, esport, gateball, golf, gulat, jiu jitsu, karate, kick boxing, pencak silat, sambo, ski air, taekwondo, tenis meja, tinju dan wushu.

“Semua cabang olahraga dan atletnya lolos ke PON kita kirim, kecuali rubby yang tak bisa terkirim karena pemberitahuan lolosnya belakangan,” pungkas Heru.

Sebagaimana diketahui, Kalsel pada XX di Papua tahun 2021, Kalsel menurunkan 111 atlet dari 25 cabang olahraga di PON Papua ini.

Adapun peraih medali emas dari cabang olahraga gulat sebanyak 2 medali emas, tinju dapat 1 medali emas dan biliar dapat 1 medali emas.

Untuk medali perak, cabang olahraga menembak meraih tiga medali, biliar meraih dua medali serta masing-masing satu medali adalah dayung, kempo, pencak silat dan tinju.

Medali perunggu melalui gulat meraih empat medali, menembak meraih tiga medali, atletik meraih dua medali, yang masing-masing satu medali adalah muaythai, angkat berat dan dayung.(ful/KPO-3)

Iklan
Iklan