Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Tapin

Puluhan Pembina Pramuka Ikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar

×

Puluhan Pembina Pramuka Ikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar

Sebarkan artikel ini
Hal 2 Rantau 4 klm 7
PENGALUNGAN - Tanda peserta kepada pembina pramuka mengikuti Kursus pembina pramuka mahir dasar di Kabupaten Tapin. (KP/Ist)

Rantau, KP – Sebanyak 60 Pembina Pramuka berbagai tingkatan ikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar, Kursus pertama kali digelar oleh kwartir cabang gerakan Pramuka Kabupaten Tapin bertempat Pendopo Galuh Bastari Rantau. Selasa (16/7/2024) kemarin siang.

Kegiatan kursusu pembina pramuka dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Dr Supiansyah mewakili Penjabat Bupati Tapin.

Iklan

Pembukaan dihadiri Ketua Kwarcab Pramuka Tapin H Yamani SAK beserta pengurus dan Ketua Kwartir di 11 Kecamatan Se Kabupaten Tapin.

Sekda Tapin dalam sambutannya menyampaikan, menyambut baik diadakannya Kursus pembina pramuka mahir dasar, karena sebagai bekal pengetahuan, manajerial dan Teknik kepramukaan yang terkini dan harus dimiliki pembina pramuka sekaligus juga untuk menjadikan pembina pramuka cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur pramuka budi pekertinya, menjunjung kesatuan dan persatuan sesuai dengan Satya Dharma Pramuka dan Dasa Dharma.

“Pramuka memiliki peranan penting terhadap kaum muda, dengan pramuka kita dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang lebih baik, dan sebagai penopang bangsa untuk membangun bangsa ini ke depannya,“ jelasnya.

Oleh karenanya kursus untuk pembina harus digencarkan, secara berjenjang, mulai dari dasar, tingkat mahir dan seterusnya supaya dapat menciptakan wujud nyata dan kebijakan yang strategis para peserta pramuka.

Berharap pembinaan terhadap generasi bangsa khususnya dalam bidang kepramukaan benar-benar tertuang dengan sebaik-baiknya dan mampu mencetak kader yang berkualitas. Kedpean juga kursus ini selalu diadakan tahun tahun yangakan datang.

Sementara Ketua Kwartir Cabang Pramuka Tapin H Yamani mengatakan, kegiatan Kursus Mahir Dasar ini adalah langkah awal bagi kita semua untuk mendalami lebih jauh tentang kepramukaan.

“Bagi pembina pramuka memiliki peran penting dalam memajukan Gerakan Pramuka di era digital ini, karena dari pembian ini inilah akan membawa Pramuka semakin relevan dan berdaya guna di tengah masyarakat modern,“ tuturnya.

Baca Juga :  Rencanakan RTRW Kawasan Pendidikan, Sains, dan Teknologi

Melalui kursus ini, kita akan belajar banyak hal, mulai dari teknik kepramukaan, kepemimpinan, hingga keterampilan praktis yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini adalah kesempatan emas bagi peserta kursus untuk mengembangkan diri, menggali potensi, dan membangun karakter yang tangguh serta mandiri, sehingga kakak-kakak pembina menjadi sosok yang dapat diandalkan untuk Gerakan Pramuka yang lebih maju,“ katanya.

Untuk itu marilah kita jadikan kegiatan KMD ini sebagai momentum untuk mempererat tali persaudaraan, meningkatkan kemampuan, dan memperkuat komitmen kita dalam mengabdi kepada masyarakat.

“Mengajak mari kita jadikan setiap langkah kita sebagai langkah menuju keberhasilan, saya yakin, dengan semangat kebersamaan dan kerja keras, kita akan mampu membawa pramuka di Kabupaten Tapin lebih maju dan meraih prestasi,“ tutupnya.

Untuk diketahui bahwa kursus  pembina pramuka mahir dasar kwartir cabang gerakan pramuka Tapin dikuti sebanyak 60 pembina pramuka setapin untuk kursus tingkat siaga, penggalang dan Pembina selama 6 hari kegiatan kursus bertempat di Gedung Hammy AM Jalan Penghulu Rantau.

Usia mengikuti kursus, peserta akan mendapatkan sertifikat sesuai tingkatan yang dikutinya. (abd/K-6)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan