Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kalsel

Adu Gagasan Warnai Debat Pilgub Kalsel, Acil Odah dan H Zanie Terkesan Lebih Tegas dan Efisien

×

Adu Gagasan Warnai Debat Pilgub Kalsel, Acil Odah dan H Zanie Terkesan Lebih Tegas dan Efisien

Sebarkan artikel ini
IMG 20241024 WA0038 1 scaled
Iklan

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Raudatul Jannah (Acil Odah) dan Akhmad Rozanie Himawan (H Zanie), tampil menonjol dalam debat perdana Pilgub Kalsel 2024 yang berlangsung pada Rabu (23/10) malam.


Paslon Nomor 2 ini terlihat lebih tegas dan jelas dalam memberikan jawaban serta menyampaikan gagasan terkait isu-isu utama, terutama infrastruktur jalan. Acil Odah Rozanie mengusung 10 program unggulan. Hal itu terungkap pada debat kemarin.

Iklan


Dengan visi untuk memajukan Kalsel menuju Indonesia Emas 2045, paslon nomor urut 2 ini menawarkan solusi konkret dalam berbagai sektor yang dianggap krusial bagi masyarakat Kalsel.


Sepuluh program unggulan Acil Odah Rozanie, pertama Komitmen Terhadap Infrastruktur Jalan. Pasangan ini berfokus pada penguatan konektivitas jalan untuk memperlancar distribusi barang dan jasa, khususnya hasil pertanian, perkebunan, dan perikanan.


Kedua dukungan untuk UMKM dan Sektor Pertanian. Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta pertanian mendapat perhatian khusus dari Acil Odah-H Zanie dengan menawarkan bantuan pinjaman untuk UMKM, penyediaan pupuk murah bagi petani, serta BBM murah untuk nelayan, guna mendukung produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.


Ketiga program penciptaan kerja dan investasi. Pasangan ini memfokuskan diri pada penciptaan lapangan kerja serta membuka peluang investasi yang lebih besar, demi meningkatkan daya saing daerah.


Keempat kesejahteraan pegawai pemerintah. Pasangan ini juga berjanji untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai pemerintah, khususnya Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan tenaga honorer. Mereka berkomitmen untuk menyesuaikan tunjangan pegawai sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP).


Kelima fokus pada pembangunan kampung.
Acil Odah-H Zanie berkomitmen untuk memperkokoh pembangunan kampung dengan perbaikan sanitasi, infrastruktur dasar, serta penyediaan jaringan internet di pedesaan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah pedesaan.

Baca Juga :  Komunitas Suluh Literasi Banjarbaru Sukses Gelar Gebyar Suluh Literasi 2024


Keenam Kalimantan sebagai Pusat Kolaborasi. Program unggulan menjadikan Kalsel sebagai pusat kolaborasi antar wilayah Kalimantan, khususnya dalam mendukung Ibu Kota Negara (IKN). Dengan demikian, Kalsel akan berperan sebagai penyangga IKN dan menjadi motor pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalimantan.


Ketujuh layanan kesehatan yang maju dengan meningkatkan layanan kesehatan dengan menyediakan tiga tenaga kesehatan di setiap desa, serta menyediakan kartu jaminan sehat bagi masyarakat yang terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).


Kedelapan pendidikan berbasis digital.
Dalam sektor pendidikan, Acil Odah-H Zanie berencana meningkatkan jumlah beasiswa, memajukan sekolah berbasis digital, serta memberikan akses internet gratis di sekolah-sekolah, guna mendorong pendidikan yang lebih inklusif dan berteknologi tinggi.


Kesembilan pengembangan ruang publik dan ekspresi. Program yang diusung memperluas ruang publik yang mendukung kreativitas dan ekspresi masyarakat, menciptakan lingkungan yang inklusif serta mendorong kreativitas dan inovasi di kalangan generasi muda.


Kesepuluh program pelayanan pendidikan maju. Kartu Pintar Santri (KPS) dan bantuan fasilitas umum pesantren, penambahan jumlah penerima beasiswa, peningkatan jumlah tunjangan guru non-ASN. Peningkatan sekolah berbasis digital dan akses internet gratis. Memperkuat upaya atau cegah perkawinan usia anak dan KDRT (melalui edukasi, peningkatan akses pendidikan, serta penegakan regulasi).


“Kami merasa semua yang sudah kami sampaikan terkait visi misi dan program. Dengan itu kami yakin kokoh di hati rakyat. Kami juga meyakini rakyat Kalimantan Selatan tidak akan salah memilih pemimpin. Apa yang kami tawarkan sudah mencakup semua aspek kehidupan,” ujar Acil Odah. (mns/KPO-3)

Iklan
Iklan
Ucapan