Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kalteng

Dinas TPHP Kalteng Dukung Gerakan Menanam Cabai

×

Dinas TPHP Kalteng Dukung Gerakan Menanam Cabai

Sebarkan artikel ini
IMG 20241016 WA0043 e1729076621429
Kalimantanpost.com - foto/humas Kalteng TANAM CABAI - Kadis TPHP Kalteng, Hj Sunarti disela Gerakan Tanam Cabai di Kelurahan Petuk Bukit, Selasa (15/10/2024).

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalimantan Tengah, Hj. Sunarti mendukung gerakan menanam cabai agar bisa menjaga kestabilan harga cabai.


“Ini dapat menjadi salah satu upaya dalam memperkuat ketahanan pangan lokal serta membantu menjaga stabilitas harga komoditas cabai di tengah fluktuasi harga yang sering terjadi,” kata Hj Sunarti.

Iklan


Hal tersebut diungkapkannya usai menghadiri Gerakan Menanam Cabai bersama Pj. Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, di Kelurahan Petuk Bukit, Kecamatan Rakumpit, Palangka Raya, Selasa (15/10/2024).


Lahan yang ditanami cabai oleh kelompok tani Agro Sukses Bersama adalah seluas dua hektare.


Hj. Sunarti memberikan apresiasi kepada kelompok tani dan seluruh pihak yang terlibat dalam gerakan ini.


Menurutnya, cabai merupakan salah satu komoditas strategis yang harganya cenderung naik saat terjadi inflasi.


Oleh karena itu, gerakan penanaman cabai ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk menjaga stabilitas harga, sekaligus meningkatkan pendapatan petani setempat.


“Cabai merupakan salah satu komoditas yang fluktuatif, dengan menanam cabai harapannya dapat menjaga kestabilan harga sekaligus memperkuat ketahanan pangan dan penguatan ekonomi masyarakat,”ungkapnya.


Sementara itu, Pj. Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, kelompok tani, dan lembaga terkait dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok.


“Gerakan seperti ini harus terus digalakkan, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, tapi juga untuk menjaga agar inflasi tetap terkendali, dan kita akan selalu mendukung kegiatan seperti ini,” ungkap Hera Nugrahayu.


Kegiatan ini juga menjadi bagian dari program dalam mendukung ketahanan pangan, yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan pemerintah dan masyarakat. Selain itu, penanaman cabai di Kelurahan Petuk Bukit ini juga diharapkan dapat menciptakan peluang baru bagi petani dalam memperluas akses pasar.

Baca Juga :  Bumdes Berbasis Potensi Desa Diberi Pelatihan


Dengan produksi cabai yang konsisten, petani dapat menjalin kerja sama dengan pedagang dan industri pengolahan pangan untuk memperluas distribusi hasil panen mereka, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan menjadi landasan bagi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di sektor pertanian di Kota Palangka Raya dan sekitarnya.


Kegiatan tersebut dihadiri Deputi Bank Indonesia Kalimantan Tengah Ardian Pangestu, Kepala Bulog Kalimantan Tengah Budi Cahyono, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Palangka Raya. (drt/KPO-4).

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan