Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENGKatingan

Disbudporapar Katingan Support Kegiatan Pelatihan Wasit Olahraga Tradisional

×

Disbudporapar Katingan Support Kegiatan Pelatihan Wasit Olahraga Tradisional

Sebarkan artikel ini
15 katingan 11
Kepala Dinas Disbudporapar Katingan, Kalpin S.Ag, MSi. (kp/ist)

Kasongan, Kalimantanpost.com – Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Budaya Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Katingan sangat mensupport kegiatan Coaching Clinic Pelatih Olahraga Tradisional se – Kabupaten Katingan di Kasongan.

” Kita sangat mengapresiasi dan mensupport pelatihan terutama bagi para wasit olahraga tradisional di Katingan, ” sebut Kepala Dinas Disbudporapar Katingan, Kalpin S.Ag, MSi. Kepada KP, Minggu (13/10/2024).

Iklan

Sebutnya, olahraga tradisional sangat perlu di kembangkan di Katingan dan pada umumnya di Kalteng sangat luar biasa melalui pihak Portina dan Kormi, ” kita bangga dan salut akan kita laksanakan di tahun berikutnya, sehingga kita siap wasit olahraga tradisional seperti Belogo, Eggrang, Menyumpit, karena turun temurun dilakukan oleh nenek moyang kita olahraga trandisional ini, ” ucap Kalpin.

Untuk itu, Disbudporapar Katingan sangat berbahagia dengan dilakukkannya Coaching Clinic melalui Portina dan Kormi Katingan, ” sehingga dapat dibina dan anak -anak orang Dayak mengerti olahraga tradisionalnya dan tak punah dan terus ditingkatkan sampai ke tingkat nasional seperti olahraga Besei Kambe, Belogo dan Menyumpit sangat bermanfaat bagi pelajar, pemuda dan pemudi serta seluruh masyarakat Katingan, ” bebernya.

Lanjutnya, sehingga saat kegiatan Penyang Hinje Simpei di laksanakan Disbudporapar Katingan dan Festival Anak Tabela tentunya sangat erat kaitannya dengan pelatihan ini, dan diharapkan wasit menjadi profesional sangat baik dan mengerti bagi pelaksanaan olahraga tradisional, ” kedepan akan kita undang mengikuti kegiatan olahraga tradisional setiap Kecamatan di Katingan agar mengenal olahraga tradisional di Kalteng, ” ungkapnya.

Dengan demikian tambah Kalpin, tak ada kebobolan lagi dalam rangka mencari wasit olahraga tradisional, dan kegiatannya juga akan dilaksanakan sebelum kegiatan tahunan di Katingan seperti Penyang Hinje Simpei dan Festival Anak Tabela, ” kita sangat mendukung dan selalu mensupport dilaksanakan olahraga tradisional ini, ” timpalnya. (Isn/K-10)

Iklan
Baca Juga :  Pemprov Kalteng Sosialisasi PP 94/2021, Terkait Disiplin ASN
Space Iklan
Iklan
Ucapan