Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kalteng

Diskominfotik Buka Kelas Belajar Pengembangan dan Pemberdayaan KIM.

×

Diskominfotik Buka Kelas Belajar Pengembangan dan Pemberdayaan KIM.

Sebarkan artikel ini
IMG 20241018 WA0001
Kalimantanpost.com - foto/humas Kalteng KELAS KIM - Peserta kelas belajar Pengembangan dan Pemberdayaan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM), di Denpasar, Kamis (17/10/2024).

DENPASAR, Kalimantanpost.com – Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) komunikasi publik, Dinas Komunikasi, Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyelenggarakan Kelas Belajar (Kebal) Pengembangan dan Pemberdayaan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM).


Kelas yang berlangsung selama dua hari dibuka Kepala Diskominfosantik Kalteng, Agus Siswadi di Kuta Kartika Plaza, Denpasar Bali, Kamis (17/10/2024)
Kelas dibuka Kepala Diskominfosantik Kalteng Agus Siswadi.

Iklan


Agus Siswadi mengatakan, KIM sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terutama dalam menyampaikan informasi yang positif bagi masyarakat.


“Artinya KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat berguna juga bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan pemberdayaan KIM guna mengembangkannya,” tutur Kadiskominfosantik.


Agus menambahkan, salah satu rencana aksi Diskominfosantik Kalteng untuk membantu pemberdayaan KIM melalui program kegiatan kelas belajar pengembangan dan pemberdayaan KIM.


“Diselenggarakannya kegiatan ini di Provinsi Bali, sebab Bali kaya akan budaya dan tradisi yang unik,” ungkapnya.


Ditambahkan, Bali juga memberikan konteks yang kaya untuk memahami bagaimana informasi dikomunikasikan dalam masyarakat yang beragam.


Lebih lanjut disampaikan, sebagai destinasi wisata Internasional, memungkinkan studi tentang bagaimana informasi dan media berperan dalam mempromosikan pariwisata dan membentuk citra daerah. Dengan berkembangnya teknologi informasi, Bali juga mengalami transformasi digital.


“Ini menjadi peluang untuk mempelajari bagaimana KIM beradaptasi dengan teknologi baru. Tingginya keterlibatan masyarakat pada pemberdayaan KIM termasuk penggunaan media sosial dan platform digital kemitraan KIM intuk meningkatkan partisipasi masyarakat”, pungkasnya.


Sementara itu, Kabid PKP Diskominfosantik Kalteng, Edi Juardi selaku Ketua Panitia menjelaskan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan anggota komunitas dalam mengakses, mengelola, dan menyebarluaskan informasi.
Selain itu juga untuk meningkatkan kemapjan/skil SDM informasi dan komunikasi publik dan penggiat KIM di kabupaten/kota se-Kalteng dalam pengelolaan informasi sebagai mitra pemerintah dan sebagai bagian dari jaringan sistem informasi nasional dalam diseminasi informasi.

Baca Juga :  Kukuhkan Kepala Perwakilan BPKP, Gubernur Berharap Pembangunan Berjalan Optimal


Peserta kegiatan ini merupakan pejabat, staf, anggota KIM kabupaten/kota se-Kalteng dan penggiat KIM. Sedangkan narasumber berasal dari Diskominfo Bali, Diskominfo Kota Denpasar dan KIM Binaan Kota Denpasar.
Kegiatan juga dihadiri pejabat eselon III Diskominfosantik Kalteng, pejabat fungsional Pranata Humas Diskominfosantik provinsi dan kabupaten/kota di Kalteng, serta penggiat KIM di Kalteng. (drt/KPO-4).

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan