Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENG

Gubernur Kalteng Gelontorkan 1.500 Paket Sembako Gratis di Desa Muara Laung

×

Gubernur Kalteng Gelontorkan 1.500 Paket Sembako Gratis di Desa Muara Laung

Sebarkan artikel ini
IMG 20241012 WA0035 e1728733606643
Kalimantanpost.com / humas Kalteng PASAR MURAH - Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran saat membuka pasar murah di Desa Muara Laung, Jumat (11/10/2024).

PURUK CAHU, Kalimantanpost.com – Gubernur Kalteng saat ini Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran membuka pasar murah dan menyalurkan bantuan di Desa Muara Laung Kecamatan Laung Tuhup Kabupaten Murung Raya, Jumat (11/10/2024).


Usai melakukan penanaman padi gogo di Kecamatan Laung Tuhup, Gubernur Kalteng kembali membuka pasar murah kepada masyarakat di Desa Muara Laung Kecamatan Laung Tuhup, untuk menyalurkan bantuan sebanyak 1.500 paket sembako.

Iklan


Gubernur Sugianto Sabran mengatakan, kehadirannya di Desa Muara Laung tersebut dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) untuk menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Kalimantan Tengah, “Untuk melihat dari dekat kehidupan masyarakat di seluruh wilayah Kalimantan Tengah,” ujar Gubernur.


Diungkapkan, tujuan pasar murah ini diadakan adalah untuk mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok.
“Tugas saya sebagai gubernur adalah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, salah satunya melalui kegiatan pasar murah ini,” ungkapnya.


Dikatakannya, harga kebutuhan pokok seringkali terjadi kenaikan seperti beras, gula, minyak goreng dan lain-lain, maka dengan diadakannya pasar murah dan diharapkan harga tetap terjaga dan stabil.


“Saya berharap pasar murah ini dapat membantu meringankan beban masyarakat, untuk dapat membeli bahan pokoknya dengan harga murah,” kata Gubernur.


Bantuan paket sembako yang disalurkan terdiri dari beras 10 kg, gula 1 kg dan minyak goreng 1 liter dengan nilai sebesar Rp198.500 per paket, disubsidi oleh Pemerintah Provinsi sebesar Rp178.500 sehingga masyarakat hanya menebus sebesar Rp20 ribu per paket. Kemudian yang Rp20 ribu kembali disubsidi Gubernur Kalteng, sehingga masyarakat bisa mendapatkannya secara gratis.


Hal yang sama disampaikan Ketua TP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran, bahwa kedatangannya tersebut untuk mendampingi kunjungan kerja Gubernur Kalteng dalam rangka kegiatan pasar murah.

Baca Juga :  2025, Indonesia Tuan Rumah Festival Persahabatan Dunia


“Ini adalah bentuk kepedulian Gubernur kepada masyarakatnya, supaya bisa mengakses dan mendapatkan sembako dengan harga murah,” ucapnya.


Diungkapkannya pula, bahwa kunjungan kerja tersebut selain dalam rangka pasar murah, Gubernur juga ingin meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas salah satunya dengan cara menurunkan stunting di Kalteng.


“Selain itu Gubernur juga punya program Tabungan Beasiswa Berkah (TABE), dengan memberikan bantuan beasiswa sebesar Rp7,5 juta per tahun untuk para mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan”, ungkap Ivo.


Kemudian program kuliah gratis untuk 10 ribu orang mahasiswa yang tidak mampu, untuk kuliah di perguruan tinggi sampai selesai.
Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Murung Raya Hermon juga menyebutkan kedatangan Gubernur Kalteng di Kabupaten Murung Raya dalam rangka kegiatan pasar murah yang selama ini dilaksanakan baik oleh Pemkab maupun Pemprov untuk mengurangi inflasi di Kabupaten Murung Raya.


“Kedatangan Gubernur juga membawa kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Murung Raya, yaitu akan membangun jembatan penyeberangan di tempat kita ini, sehingga akan mempermudah akses transportasi masyarakat,” sebut Hermon.


“Atas nama masyarakat dan Pemkab Murung Raya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur beserta jajaran, yang telah memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat. Bantuan ini tentunya dapat meringankan beban masyarakat” pungkasnya.


Gubernur Sugianto Sabran juga memberikan apresiasi kepada salah satu anggota Polri, Polwan Vanna asli putri Kalteng berupa bantuan uang tunai sebesar Rp25 juta, bantuan uang tunai sebesar Rp300 ribu untuk ibu hamil, lima orang masyarakat mendapat umroh gratis, lima orang anggota Polres Murung Raya mendapat wisata rohani ke Yerusalem.


Selain itu, satu orang masyarakat mendapat amanat dari gubernur mengamalkan surat Al Qausar per hari 100 kali dapatkan Rp10 juta dan satu orang mendapat amanat dari gubernur mengamalkan shalawat jibril 100 kali mendapat Rp10 juta.

Baca Juga :  Ketua DPD PDI-P Kalteng Buka Rakercabsus di Katingan


Kemudian seluruh ibu hamil khusus yang hadir di acara tersebut masing-masing mendapatkan tambahan Rp500 ribu dan satu orang tua bisu tuli mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp10 juta.


Kegiatan dihadiri Sekretaris DPRD Kalteng H. Pajarudinnor, unsur Forkopimda Kabupaten Murung Raya, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng dan Kabupaten Murung Raya, Camat Tuhup Dommy Joan Eka Dinata, serta warga Desa Muara Laung (drt/KPO-4).

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan