Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KalselTanah Laut

Hadirkan Tim Kemendagri Proyeksi Pembentukan Kecamatan Baru di Tanah Laut Terus Dimatangkan

×

Hadirkan Tim Kemendagri Proyeksi Pembentukan Kecamatan Baru di Tanah Laut Terus Dimatangkan

Sebarkan artikel ini
Hal 11 Tala 3 klm 10
RAPAT - Pematangan proyeksi terhadap rencana pemekaran Kecamatan Pelaihari dan pembentukan kecamatan baru yakni Kecamatan Taruna Makmur. (KP/Ist)

Pelaihari, Kalimantanpost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) terus mematangkan proyeksi terhadap rencana pemekaran Kecamatan Pelaihari dan pembentukan kecamatan baru dengan nama yang telah disiapkan yakni Kecamatan Taruna Makmur.

Pemkab Tala menghadirkan tim dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) untuk menjadi narasumber dalam Forum Group Discussion (FGD) yang menindaklanjuti Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembentukan Kecamatan Pelaihari dan Pembentukan Kecamatan Taruna Makmur yang bertempat di Best World Kindai Hotel, Banjarmasin pada Rabu (9/10/2024).

Iklan

FGD yang bertujuan untuk mendengar berbagai masukan, saran, hingga solusi-solusi konstruktif terhadap proyeksi ini, diharapkan dapat menghasilkan keputusan yang terbaik bagi masa depan kabupaten berjuluk Bumi Tuntung Pandang ini.

“Kita menginginkan pembentukan kecamatan baru ini dapat terwujud sesuai aturan yang berlaku. Diharapkan, kehadiran tim kemendagri ini dapat semakin memperjelas terhadap realisasi proyeksi ini,” ucap Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah (Setda) Tala, H. Hairul Rijal saat membuka FGD tersebut.

Hairul yang mewakili Penjabat (Pj) Bupati Tala itu menambahkan, pembentukan Kecamatan Taruna Makmur juga memerlukan kerja sama yang solid antara pemerintah daerah, pemerintah pusat, masyarakat dan seluruh stakeholder terkait.

“Kita perlu memastikan bahwa pemekaran ini tidak hanya dilihat dari segi administratif semata, tetapi juga dari aspek bagaimana kesejahteraan masyarakat dapat terwujud menjadi lebih baik,” lanjut Hairul.

Diharapkan, dengan adanya pembentukan kecamatan baru ini nantinya mampu menjadi motor penggerak pembangunan di wilayah yang selama ini mungkin belum terlayani secara maksimal. Kecamatan yang baru nantinya akan memperkuat kapasitas pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta mempercepat akselerasi pembangunan di berbagai sektor. (rzk/K-6)

Iklan
Baca Juga :  Amnesia Konsisten Dukung Perkembangan Esport Banua
Space Iklan
Iklan
Ucapan