Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Indonesia Bakal Patahkan Mitos tak Pernah Menang di Kandang Bahrain

×

Indonesia Bakal Patahkan Mitos tak Pernah Menang di Kandang Bahrain

Sebarkan artikel ini
IMG 20241010 WA0017 e1728538293538
Pemain timnas Indonesia melakukan latihan untuk persiapan menghadapi Bahrain. (Kalimantanpost.com/laman PSSI)

BAHRAIN, Kalimantanpost.com – Tim nasional (Timnas) Indonesia dalam tiga pertemuan di kandang Bahrain tak pernah menang. Pasukan Garuda hanya sekali menahan imbang tuan rumah dengan skor 0-0 pada 19 Juni 1988. Sisanya, Indonesia menelan kekalahan 1-3 pada 25 Juli 2004 dan 0-10 di tanggal 29 Februari 2012.

Hasil kurang bagus bila bermain di kandang Bahrain sudah pasti ingin diperbaiki Timnas Indonesia dalam pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup C Zona Asia yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Kamis (10/10/2024) pukul 23.00 WIB.

Iklan

Apalagi pemain Timnas Indonesia saat ini bertabur pemain yang berkiprah di Liga Eropa, Australia dan Amerika Serikat serta pemain terbaik di Liga 1.

Banyak pilihan pemain bintang membuat pelatih Shin Tae-yong mempermudah dan menyusun komposisi pemain dan tak melakukan blunder memasang pemain sebagai starter dalam pertandingan nanti.

Di posisi kiper, walau pun Maarten Paes (FC Dallas Liga Amerika Serikat) baru saja sembuh dari cedera pegelangan tangan dipastikan bakan diturunkan Shin Tae-yong.

Cukup menarik nanti, dengan kehadiran Mees Hilgers (Twente Belanda) apakah pelatih asal Korea Selatan langsung memasangnya atau membangku cadangkannya danmemasang Rizky Ridho sebagai starter.

Begitu juga dengan Jordi Amat (JDT Malaysia) yang kembali bergabung ke Timnas akan kembali menjadi pilihan utama di center back tengah dan akan ditemani Jay Idzes (Venezia, Italia) di center back kiri.

Lalu di posisi bek kanan ditempati Sandy Walsh (KV Mechelen) atau Asnawi Mangkualam (Thai Port FC Thailand). Apabila Asnawi sebagai starter, akan menjadi celah bagi Bahrain untuk menembus lini belakang Indonesia.

Pasalnya, pemain asal Makassar ini bermain grasak-grusuk dan suka mendrible bola, apabila bola direbut lawan membuat pemain Bahrain akan lebih leluasa melakukan serangan.

Baca Juga :  PSSI akan Kirim Surat Protes ke FIFA Tentang Kepemimpinan Wasit Ahmed Al Kaf

Di bek kiri, Calvin Verdonk (NEC Nijmegen Belanda) akan menjadi pilihan utama ketimbang Shayne Pattynama (KAS Eupen, Belgia). Verdonk selama ini cukup rajin membantu serangan dan punya umpan akurat dan terukur, sehingga mempermudah pemain depan Indonesia menyundul bola.

Cukup menarik di posisi gelandang bertahan, ada Ivar Jenner (Jong FC Utrecht Belanda) atau Nathan Tjoe-A-On (Swansea City, Inggris). Ivar punya kemampuan menahan gempuran lawan, sedangkan Nathan memiliki naluri dalam menyerang dan mengatur serangan.

Namun, posisi Nathan sudah ada Thom Haye (Almere City, Belanda) yang menjadi jenderal lapangan serta tendangan akurat di luar penalti.

Kehadiran pemain baru, Eliano Reijnders (PEC Zwolle, Belanda) akankah menggantikan posisi Witan Sulaiman di sayap kanan, sedangkan di sayap kiri tetap akan dipercayakan kepada Rafael Struick (Brisbane Roar), sedangkan posisi striker diisi Ragnar Oratmangoen (FC Dender).

Secara materi pemain, Indonesia lebih unggul atas Bahrain, sehingga pasukan Garuda lebih diunggulkan memenangkan pertandingan. Tinggal bagaimana taktik dan strategi dari pelatih Shin Tae-yong agar bisa meredam permainan tuan rumah

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan timnya siap bertarung menghadapi Bahrain.

Menurutnya, Garuda telah mempersiapkan segala hal dengan matang untuk menjalani pertandingan ini. Baik dari segi taktik maupun kesiapan fisik.

“Ini adalah pertandingan penting bagi kami, juga untuk Bahrain tentunya. Hasil dari pertandingan ini sangatlah penting. Kami sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk pertandingan ini dengan sungguh-sungguh. Jadi saya berharap kita bisa menyajikan penampilan yang bagus di pertandingan nanti,” ujar Shin Tae-yong dikutif dari laman PSSI, Kamis (10/10).

Meskipun diperkuat oleh para pemain keturunan yang bermain di Eropa, Shin Tae-yong mengungkapkan pencapaian timnya sejauh ini adalah berkat kerja keras bersama. Baik mereka yang berkompetisi di Eropa, Asia maupun di Tanah Air.

Baca Juga :  Barito Putera Menyapa Banua Disambut Antusias Ribuan Warga Tamban dan Sekitarnya

“Semua pemain di tim kita melakukan hal bagus sejauh ini. Tidak cuma pemain keturunan (yang berkontribusi). Semua pemain di tim memberikan yang terbaik, jadi saya rasa di pertandingan versus Bahrain kita juga akan menunjukkan penampilan yang terbaik,” ungkapnya.

Saat ini, Indonesia berada di posisi keempat dengan raihan dua poin di Grup C. Sedangkan Bahrain menempati peringkat ketiga klasemen sementara dengan mengoleksi tiga poin.

Tujuh Pertemuan Indonesia Versus Bahrain

  • 27/8/1980 : Indonesia 3-2 Bahrain
  • 11/6/1982 : Indonesia 1-1 Bahrain
  • 19/06/1988 Bahrain 0-0 Indonesia
  • 25/7/2004 Bahrain 3-1 Indonesia
  • 10/7/2007 Indonesia 2-1 Bahrain
    -6/9/2011 Indonesia 0-2 Bahrain
  • 29/2/2012 Bahrain 10-0 Indonesia

Jadwal Pertandingan

Kamis, 10 Oktober 2024

  • Bahrain vs Indonesia
    Pukul 23.00 WIB

Selasa, 15 Oktober 2024

  • China vs Indonesia
    Pukul 01.00 WIB

Klasemen Sementarz Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

  1. Jepang 2 2 0 0 12-0 6
  2. Arab S 2 1 1 0 3-2 4
  3. Bahrain 2 1 0 1 1-5 3
  4. Indonesia 2 0 2 0 1-1 2
  5. Australia 2 0 1 1 0-1 1
  6. China 2 0 0 2 1-9 0
Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan