Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KalselMartapura

Inovasi Jajar Legowo, Upaya Tingkatkan Produksi Beras

×

Inovasi Jajar Legowo, Upaya Tingkatkan Produksi Beras

Sebarkan artikel ini
Hal 16 3 KLm MTPTnovasi
JAJAR LEGOWO - Pelatihan teknologi tanam padi Jajar Legowo, di Desa Lok Tangga, Karang Intan. (KP/Wawan)

Martapura, Kalimantanpost.com – Melalui program Terong Bangtani (terus dorong kembangkan petani), Pemkab Banjar lewat BPP Karang Intan melaksanakan pelatihan teknologi tanam padi Jajar Legowo, di Desa Lok Tangga, Senin (14/10/2024).

Abdul Basit selaku Penyuluh Swadaya dan juga inisiator kegiatan menyampaikan, kegiatan ini diikuti 30 orang yang merupakan pengurus kelompok tani Desa Lok Tangga.

Iklan

“Kita akan aktifkan kembali 9 kelompok tani yang ada melalui kegiatan kegiatan seperti ini,” tandasnya.

Pambakal Lok Tangga Nurul Huda mengatakan, kegiatan ini menggunakan dana Ketapang Desa. Nantinya petani diberi modal berupa bibit. Saprodi dan uang untuk mengaplikasikan sistem jajar legowo secara langsung dan target tahun depan bisa tanam 2 kali.

Saimin selaku narasumber menyampaikan tentang teknik tanam jajar legowo 2:1 dan 4:1, mulai penyemaian, tanam, pemupukan hingga pengendalian hama dan penyakit.

Ditambahkan Sigit Triyanto selaku Koordinator BPP Karang Intan, keuntungan jajar legowo ini dapat meningkatkan produktivitas padi, mempermudah pengendalian hama dan penyakit serta mempermudah pemupukan dan penyemprotan pestisida.

“Nanti kita praktek langsung dan didampingi Mardiah selaku PPL Desa Lok Tangga,” tutup Sigit.

Pelatihan sendiri banyak diisi diskusi permasalahan petani di lapangan dan penyelesaian disampaikan penyuluh pertanian. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga :  Tengkorak Manusia Ditemukan di Kapuas, Diduga Mahasiswa ULM yang Hilang
Space Iklan
Iklan
Ucapan