Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENG

Kakanwil Perbendaharaan Bersama Kadis TPHT Kalteng Kunjungi Food Estate

×

Kakanwil Perbendaharaan Bersama Kadis TPHT Kalteng Kunjungi Food Estate

Sebarkan artikel ini
IMG 20241010 WA0042 e1728551334723
Kadis TPHT Kalteng saat kunjungi Food Estate Kapuas. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

KUALA KAPUAS, Kalimantanpost.com -Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalimantan Tengah (Kalteng), Hj Sunarti bersama Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalteng, Wawan Juswanto melakukan kunjungan lapangan ke kawasan cetak sawah di Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Rabu (9/10/2024).

Kunjungan bertujuan untuk memantau langsung perkembangan kawasan tersebut sebagai bagian dari upaya mendukung ketahanan pangan di Kalimantan Tengah.

Iklan

Juga berkaitan dengan penguatan peran Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Kalteng sebagai Regional Chief Economist (RCE) dan Financial Advisor (FA), melalui penyusunan Kajian Fiskal Regional serta Analisis Peluang Investasi Daerah (APID).

Terpenting untuk memperoleh gambaran komprehensif mengenai program ketahanan pangan dan pengembangan ekonomi lokal melalui proyek cetak sawah di Kalimantan Tengah.

“Dengan menggunakan Combine Harvester, petani dapat melakukan panen lebih cepat dibandingkan dengan cara tradisional,” ungkapnya.

Sunarti menambahkan, penggunaan teknologi dalam sektor pertanian diharapkan dapat semakin diperluas ke wilayah-wilayah lain di Kalteng.

Pada kesempatan ini juga, Sunarti mengajak Wawan Juswanto untuk merasakan secara langsung pengalaman memanen padi dengan Combine Harvester.

Agenda menjadi bukti nyata modernisasi pertanian akan meningkatkan produktivitas sekaligus menekan biaya operasional bagi petani.

Setelah mengikuti proses panen, rombongan juga menyambangi pabrik penggilingan padi Rice Milling Plant yang berada tidak jauh dari kawasan tersebut.

Pabrik penggilingan padi ini menjadi bagian penting dalam proses pasca panen, dimana kualitas hasil panen dapat ditingkatkan melalui pengolahan yang baik.

Selain meninjau fasilitas dan proses panen, dilakukan juga diskusi dengan petani lokal. Sunarti menyampaikan komitmen pemerintah daerah untuk terus mendukung para petani, baik melalui program peningkatan kapasitas maupun pemberian bantuan alat-alat pertanian modern.

“Kami ingin memastikan bahwa pertanian di Kalimantan Tengah tidak hanya produktif, tetapi juga berkelanjutan,” tambahnya.

Baca Juga :  Kalteng Terima Penghargaan UKPBJ Proaktif dengan Capaian Produk Dalam Negeri Tertinggi.

Menganggapi hal tersebut, Wawan Juswanto mengapresiasi adanya pabrik ini di daerah Dadahup dan menyampaikan bahwa pabrik tersebut memiliki kapasitas yang memadai untuk mengolah hasil panen padi dalam jumlah besar.

“Keberadaan pabrik ini akan sangat membantu untuk meningkatkan efisiensi produksi beras di wilayah tersebut serta mendukung ketahanan pangan di Kalimantan Tengah,” tandas Wawan.

Kunjungan ini menegaskan keseriusan pemerintah dalam memperkuat sektor pertanian di Kalimantan Tengah yang memiliki potensi besar sebagai lumbung pangan nasional.

Dengan berbagai program dan dukungan yang diberikan, diharapkan kawasan cetak sawah di Kecamatan Dadahup dapat menjadi model pengembangan pertanian modern yang berkelanjutan di Indonesia.(drt/KPO-3)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan