Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENG

Katma Dirun Ajak Pengti Berkolaborasi Memajukan Pembangunan

×

Katma Dirun Ajak Pengti Berkolaborasi Memajukan Pembangunan

Sebarkan artikel ini
IMG 20241012 WA0024

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) HM Katma F Dirun mengajak Pengadilan Tinggi (Pengti) untuk berkolaborasi memajukan daerah.


“Menjadi harapan kita bersama, di bawah kepemimpinan ibu ke depan, sinergi yang sudah terajut baik antara Pemprov Kalteng dengan Pengadilan Tinggi dapat terus diperkuat,” kata Katma Dirun.

Iklan


Hal tersebut diungkapkannya mewakili Gubernur Kalteng menghadiri Pisah Sambut Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Palangka Raya, Jumat (11/10/2024).


Katma Dirun mengatakan, Pengadilan Tinggi merupakan pilar penting dalam penegakan hukum, yang memiliki peran sangat strategis dalam mewujudkan keadilan bagi seluruh masyarakat.


Pada kesempatan tersebut, Katma mengampaikan sekilas mengenai Kalteng yang merupakan provinsi terluas di Indonesia, dengan wilayah lebih dari 153 ribu kilometer persegi.


Kalteng terdiri dari 13 kabupaten dan 1 kota, serta dikaruniai Sumber Daya Alam melimpah serta pesona alam dan seni budaya yang sangat luar biasa.


Penduduk Kalteng berjumlah sekitar 2,78 juta jiwa, dan masyarakatnya juga sangat heterogen, yang terdiri dari beraneka ragam suku, agama, ras, adat, dan budaya, namun tetap hidup berdampingan dengan rukun dan harmonis, dengan menjunjung tinggi Falsafah Huma Betang.


Lebih lanjut disampaikan, Pemprov Kalteng saat ini fokus meningkatkan pembangunan di berbagai sektor, khususnya yang menyentuh langsung masyarakat, seperti infrastruktur, pendidikan dan kesehatan untuk pengembangan SDM, dan perekonomian dalam arti luas.


Termasuk pengendalian inflasi, serta ada pula Program Strategis Nasional Food Estate, Program Optimasi Lahan dan Cetak Sawah, dan program Shrimp Estate. Keberhasilan berbagai program pembangunan tersebut memerlukan dukungan dari seluruh stakeholders, termasuk Pengadilan Tinggi Palangka Raya.


Mengakhiri sambutannya, Katma mengajak semua agar dapat terus berkolaborasi memajukan pembangunan, demi Kalteng yang semakin BERKAH, maju, dan bermartabat.
Sebelumnya, Katma berterimakasih kepada Kejati lama Sujatmiko atas dedikasi dan pengabdian serta kontribusi bagi Kalteng, selama memimpin Pengadilan Tinggi Palangka Raya lebih dari setahun ini.

Baca Juga :  Gubernur Kejar Rasio Desa Berlistrik di Kalteng


“Teriring pula doa kami, semoga Bapak semakin sukses, khususnya dalam mengemban amanah baru menjadi Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar. Sehat selalu dan kami berharap tali silaturahmi kita akan terus terjalin”, tutur Plt. Sekda.


Plt. Sekda juga mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Hj. Diah Sulastri Dewi sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya yang baru.


Pisah sambut dihadiri Plh Asisten Pemkesra Setda Kalteng Maskur, Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya sebelumnya Sujatmiko, Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya yang baru Hj. Diah Sulastri Dewi, Anggota Forkopimda Kalteng, segenap Pimpinan dan juga jajaran Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Pimpinan Instansi Vertikal Kalteng serta Ketua dan pengurus Dharmayukti Kartini Kalteng. (drt/KPO-4)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan