Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KalselKotabaru

Konsultasi Raperda Tahun 2023-2024 Bapemperda DPRD Kotabaru ke Biro Hukum Kalsel

×

Konsultasi Raperda Tahun 2023-2024 Bapemperda DPRD Kotabaru ke Biro Hukum Kalsel

Sebarkan artikel ini
Hal 16 K Baru 3 klm 4
KP/Ist

Kotabaru, Kalimantanpost.com – Bapemperda (Badan Pembentukan Peraturan Daerah) merupakan Alat Kelengkapan DPRD yang bersifat tetap dan dibentuk oleh DPRD.

Selasa 8 Oktober 2024, Bapemperda DPRD Kotabaru melakukan konsultasi sejumlah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tahun 2023-2024 ke biro hukum Provinsi Kalimantan Selatan.

Iklan

Disampaikan ketua Bapemperda M. Lutfi, “Konsultasi ini bagian dari upaya untuk memaksimalkan rancangan pembuatan Raperda. Konsultasi dimaksud adalah berkenaan dengan mekanisme dan pelaksanaan pembuatan Raperda yang sudah memiliki dasar dan acuan, sesuai visi dan misi Kabupaten Kotabaru.

Ada dasar-dasar yang harus kita cermati dan disesuaikan dengan tujuan mencapai Indonesia emas. Kerangka acuan pembuatan Raperda harus sejalan sesuai dengan arahan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk menuju tahun keemasan 2045

Dengan dasar itulah pembentukan dan pengajuan Raperda tidak boleh keluar dari acuan yang sudah di tetapkan, Ujar Lutfi kemudian melanjutkan Disetiap pembahasan terdapat waktu deadline atau batasan untuk mengevaluasi sejauh mana hasil kinerja pemerintah daerah dan DPRD tentang waktu penyelesaian penyusunan Perda.

Kita akan evaluasi mana yang di anggap urgen dan yang belum terhadap Raperda yang dimaksud.

Raperda yang bersifat urgen atau mendesak akan dijadikan skala prioritas di tahun 2024 untuk dilakukan pembahasan pengkajian dan pengesahan di tahun yang sama.

Namun, bila terdapat Raperda yang di rasa belum mendesak akan dilakukan pengusulan dan pembahasan Raperda pada tahun 2025.

Diharapkan, dengan adanya evaluasi baik Raperda maupun Perda akan memberikan dampak yang positif bagi kemajuan masyarakat Kotabaru, Tandasnya. (and/K-6)

Iklan
Baca Juga :  Ribuan Warga Kotabaru Hadiri Kampanye H Rusli dan Syairi, Bareng Duo Serigala
Space Iklan
Iklan
Ucapan