Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Khazanah Qalbu

PENTINGNYA KESEHATAN

×

PENTINGNYA KESEHATAN

Sebarkan artikel ini

oleh: NURMADINA MILLENIA

SUDAH tidak bisa dipungkiri lagi jika kehidupan di dunia ini,ada dua hal yang merupakan keseimbangan. Contohnya antara hidup dan mati, kemudian yang sehat dan yang sakit, yang kaya dan miskin, serta yang berkuasa dan yang tertindas. Jika seseorang mendalami salah satunya,maka otomatis akan mendalami pula yang menjadi keseimbangannya.Jika seseorang akan mendalami nilai sehat,maka tentunya juga menguasai apa yang menyebabkan sakit. Dikenal dalam pertabiban china,dengan jika Yin dan Yang seimbang akan sama dengan sehat. Kemudian jika Yin dan Yang tidak seimbang maka namanya sama dengan sakit.

Iklan

Sudah banyak cara sehat secara fisik menurut dokter dan ilmu kesehatan. Namun bagi mereka yang tidak mengerti jika banyak juga penyakit dikarenakan jiwa yang cemas. Menurut Dr Alexis Carrel, “Pengusaha yang tidak tahu bagaimana menaklukkan cemas akan mati mudah”. Tentu saja dalam hal ini seperti pengusaha, adalah seseorang yang akan memikirkan banyak tentang untung rugi, serta bagaimana caranya untuk bisa mencapai target sesuai dengan perencanaan. Namun banyak juga yang tidak mengenal waktu. Serta tentu saja pikiran akan juga mendapat banyak godaan mengenai ketidak pastian, serta seringkali pula tergambar akan keruntuhan dan kerugian.

Dale Carnegie menceritakan, walaupun banyak masyarakat mengetahui akan sulitnya mengatasi kecemasan, dia yang tinggal di New York sudah 30 tahun, belum ada seorangpun yang mengetuk pintu rumah untuk memberitahukan tentang ancaman penyakit cemas yang sangat membingungkan. Kemudian menurutnya, cemas adalah suatu penyakit yang selama 37 tahun telah menyebabkan 10.000 kali lebih banyak manusia celaka dibandingkan cacar. Mungkin untuk zaman sekarang ini walaupun dibandingkan Covid-19.

Menurutnya, jika tidak ada orang yang mengetuk rumah untuk memberitahukan kalau satu daru sepuluh orang yang hidup di AS ini dihinggapi lemah syaraf dari berbagai-bagai tingkatan. Hal itu disebabkan oleh cemas dan pertentangan-pertentangan jiwa. Juga karena itulah beliau mengatakan dengan menulis buku “Bagaimana melenyapkan cemas dan menikmati hidup”, adalah untuk mengetuk pintu rumah Anda dan memperingatkan Anda!

Baca Juga :  MENYUMBANG NEGARA

Beliau juga menceritakan pernah mengelilingi kota Texas dan New Mexico dengan mobil bersama dengan seseorang Dr OF Gober salah seorang dokter dari perusahaan Kereta Api Santa Fe, tepatnya dokter kepala untuk gabungan-gabungan rumah sakit daerah Gulf, Colorado dan Santa Fe. Mereka membicarakan mengenai akibat-akibat atau effek-effek yang dapat timbul karena cemas dan dia mengatakan, “Dapatlah dipastikan bahwa 30% dari pasien-pasien yang mengunjungi dokter-dokter itu dapat menyembuhkan diri mereka sendiri? Yaitu apabila mereka dapat mengatasi rasa takut dan cemas yang menguasai dirinya. Tapi dengan tidak disangka, sebenarnya mereka hanya mengatakan berpura-pura sakit saja. Penyakit yang ditimbulkan oleh cemas itu memang banyak sekali, yang dapat menyebabkan gangguan jantung, penyakit tidak dapat tidur, semacam sakit kepala dan kelumpuhan. Penyakit itu memang nyata, juga saya tahu apa yang saya katakan, sebab saya sendiri sudah 12 tahun menderita semacam puru perut.

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan