Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BanjarbaruKalsel

Sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter untuk Guru SMP

×

Sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter untuk Guru SMP

Sebarkan artikel ini
Hal 10 3 KLm BJB 2
BERSAMA GURU - Pjs Wali Kota Banjarbaru, Hj Nurliani bersama para guru SMP Negeri se-Kota Banjarbaru, Senin (14/10/2024). (KP/Devi)

Banjarbaru, Kalimantanpost.com – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pendidikan mengadakan sosialisasi terkait penguatan pendidikan karakter bagi para guru SMP Negeri se-Kota Banjarbaru, Senin (14/10/2024).

Kegiatan ini bertempat di Aula Widyatama Dinas Pendidikan dan bertujuan untuk memperkuat pembelajaran nilai-nilai karakter di sekolah, sejalan dengan distribusi buku Halaqoh Ilmu yang mencakup materi Akidah, Qur’an Hadist, Sirah Nabawiyah, dan Fiqih.

Iklan

Pjs. Wali Kota Banjarbaru, Nurliani menekankan pentingnya pendidikan karakter yang tidak hanya menciptakan generasi muda yang berakhlak mulia, tetapi juga memiliki pemahaman agama yang baik. Hal ini menurutnya sejalan dengan visi Kota Banjarbaru dalam membentuk generasi yang tangguh secara moral dan spiritual.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan generasi muda yang berkarakter, berakhlak mulia, dan memiliki pemahaman agama yang selaras dengan visi Kota Banjarbaru,” ujarnya

Sosialisasi ini dihadiri oleh para guru dari berbagai SMP negeri di Banjarbaru, dan menghadirkan Habib Umar Husein Assegaf sebagai narasumber. Habib Umar memberikan pemahaman mendalam terkait materi pendidikan karakter yang nantinya akan diintegrasikan dalam pembelajaran di sekolah-sekolah.

Materi yang dibahas dalam buku Halaqoh Ilmu diharapkan menjadi panduan penting bagi para guru dalam menanamkan nilai-nilai agama serta etika dalam kehidupan sehari-hari siswa. Pendidikan karakter yang kuat, menurut Nurliani, adalah kunci dalam membentuk generasi muda yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga tangguh dalam menghadapi tantangan kehidupan.

Selain memperkuat pendidikan karakter, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran di Kota Banjarbaru secara keseluruhan. Pemerintah Kota Banjarbaru berharap bahwa kegiatan sosialisasi ini akan menjadi langkah awal yang baik dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan karakter di tingkat SMP.

Para guru yang hadir tampak antusias dalam mengikuti sosialisasi ini. Mereka menyambut baik inisiatif pemerintah yang berfokus pada penguatan karakter dan akhlak siswa, yang dinilai sangat penting di era modern ini.

Baca Juga :  Peringatan 162 Tahun Wafatnya Pangeran Antasari di Banjarmasin Berlangsung Khidmat

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para guru dapat mengimplementasikan materi pendidikan karakter yang sudah disampaikan, sehingga generasi muda Banjarbaru akan tumbuh menjadi individu yang berintegritas, berakhlak baik, dan memiliki pemahaman agama yang kuat.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat sinergi antara sekolah dan masyarakat dalam mendidik generasi penerus yang berdaya saing dan berkarakter. (Dev/K-3)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan