Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kalsel

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024: Insan Pengayoman Kemenkumham Kalsel Teguhkan Semangat Pancasila

×

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024: Insan Pengayoman Kemenkumham Kalsel Teguhkan Semangat Pancasila

Sebarkan artikel ini
IMG 20241002 071418 e1727824710413

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan (Kanwil Kemenkumham Kalsel) menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10/2024). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Upacara ini dilaksanakan di halaman upacara Kanwil Kemenkumham Kalsel, sesuai dengan pedoman yang disampaikan melalui surat Sekretaris Jenderal Kemenkumham No: SEK-UM.04.01-1139, tanggal 27 September 2024. Mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, peringatan tahun ini bertujuan untuk menegaskan kembali pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dalam membangun bangsa yang lebih maju.

Iklan

Upacara ini dipimpin langsung oleh Jumadi selaku Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Kalsel yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sejumlah pejabat lainnya juga turut berperan sebagai petugas upacara, antara lain Kepala Divisi Pemasyarakatan sebagai Perwira Upacara, Kepala Bidang Keamanan sebagai Komandan Upacara, serta Alya Rizki sebagai Pembawa Acara dan sejumlah pegawai lainnya yang bertugas para upacara kali ini.

Upacara berlangsung khidmat dengan susunan acara yang dimulai dari laporan Komandan Upacara, penghormatan umum, mengheningkan cipta, hingga pembacaan Teks Pancasila. Selain itu, turut dibacakan naskah Pembukaan UUD 1945 dilakukan oleh M. Rasyid Ridha, sementara Iswandi Ideris ditunjuk untuk membacakan Naskah Ikrar dan upacara ditutup dengan pembacaan doa oleh Yahdi Islahudin.

Upacara ini juga diikuti dengan sesi foto bersama sebagai bentuk kebersamaan dan penghargaan atas terlaksananya kegiatan tersebut dengan sukses.

Setelah upacara selesai, seluruh peserta kemudian diarahkan untuk menyaksikan Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024 melalui siaran langsung di kanal YouTube Kemendikbud yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Tidak hanya melalui upacara, peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini juga disemarakkan oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel dengan mengglorifikasikan kegiatan tersebut di media sosial. Publikasi ini dilakukan berdasarkan pedoman dari Sekretariat Jenderal, sebagai bentuk kontribusi ASN dalam mempromosikan nilai-nilai Pancasila dan merayakan momen bersejarah ini dengan seluruh masyarakat. (KPO-1)

Iklan
Baca Juga :  Rajut Kebersamaan Sekaligus Tingkatkan Imunitas, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Pimpin Gowes ke Pantai Batakan
Space Iklan
Iklan
Ucapan