Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kalsel

Workshop Membaca Nyaring Dorong Anak Cinta Buku Sejak Dini

×

Workshop Membaca Nyaring Dorong Anak Cinta Buku Sejak Dini

Sebarkan artikel ini
IMG 20241014 WA0039 e1728897076654
Kalimantanpost.com – foto/devi MEMBACA NYARING - Workshop membaca nyaring yang diselenggarakan oleh komunitas Suluh Literasi pekan lalu.

BANJARBARU, Kalimantanpost.com – Gebyar Suluh Literasi 2024 melalui Workshop Membaca Nyaring “Read Aloud”, Sabtu (12/10/2024) yang digelar oleh komunitas Suluh Literasi bekerjasama dengan Pemerintah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Kegiatan ini menghadirkan ahli literasi anak sekaligus Koordinator Humas Komunitas Read Aloud Kalsel, Meliyana, untuk mengajak peserta dalam memahami pentingnya metode membaca nyaring dalam pengembangan minat baca anak dan memperkuat komunikasi antara orang tua dan anak.

Iklan


Menurut Meliyana, metode membaca nyaring tak hanya membantu anak dalam memahami cerita, tapi juga meningkatkan keterlibatan emosional dan intelektual mereka.


“Membaca nyaring menumbuhkan rasa ingin tahu anak-anak tentang dunia di sekitar mereka, dan mempererat hubungan dengan orang tua,” jelasnya.


Acara ini turut dihadiri oleh 47 peserta dari Banjarbaru, Martapura, hingga Banjarmasin.
Antusiasme peserta terlihat saat mereka aktif berpartisipasi dalam sesi praktik. Salah satu peserta, Kak Ani, mempraktikkan membaca nyaring di depan peserta lainnya dan mendapat doorprize berupa buku.


Tokoh masyarakat, Sudaryono menilai metode ini sejalan dengan ajaran “Iqro” Rasulullah SAW, yang menekankan pentingnya membaca sebagai jendela ilmu pengetahuan.


Workshop ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak orang tua dan pendidik untuk mengadopsi metode ini dalam mendukung literasi anak-anak di Indonesia. (dev/KPO-4)

Iklan
Baca Juga :  Jawab Keresahan Warga Soal Tren Pengangguran, Arifin Noor Pastikan Jadikan Prioritas Program Kinerja
Space Iklan
Iklan
Ucapan