Danlanal Banjarmasin Tutup TMMD ke 103 HST 

Barabai, KP – Danlanal Banjarmasin Kolonel laut (P) Wijayanto SE menutup sekaligus menyerahkan proyek hasil TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Ke-103 kepada Plt Bupati HST H A Chairansyah selasa (13/11).

Penyerahan hasil proyek TMMD desa awang kecamatan Batang Alai Utara tersebut di tandatangani MoU oleh Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Nur Rohman Zein dan Plt Bupati HST H A Chairansyah dilakukan saat upacara penutupan TMMD Ke-103 tahun 2018 yang berlangsung di lapangan bola ilung.

Sementara Iitu Kolonel laut (P) Wijayanto dalam arahannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten HST serta berbagai pihak lain yang telah mendukung terlaksananya program TMMD ini secara total, oleh TNI polri dan Masyarakat.

Selaras dengan tema TMMD tahun ini Wijayanto sangat berharap agar TMMD tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata, namun juga mampu membangun karakter bangsa khususnya generasi muda.

Danlanud, yang juga membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono menjelaskan, Indonesia saat ini tengah mengalami kerentanan konflik dengan meluasnya berita hoax dan ujaran kebencian yang berbau SARA hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu harus segera diatasi.

Untuk menyikapi situasi dan kondisi bangsa ini, yang paling utama menjalankan kewajiban dan menghargai berbagai pilihan secara bertanggung jawab demi rakyat dan bangsa indonesia.

Selanjutnya pertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat yang telah kita rasakan selama kegiatan TMMD ini serta peliharalah hasil hasil program ini dengan sebaik baiknya untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat.

Sementara itu Kolonel Laut (P) Wijayanto, saat wawancara mengatakan, terimakasihnya ke komandan Satgas dandim 1002 barabai, yang sudah melaksanakan pembangunan ini selama 1 bulan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat banyak.

Pada kesempatan yang sama Dandim 1002 barabai Letkol Inf Nur Rohman Zein, juga mengatakan, kebetulan ada membangun fisik antara lain ada musolla, ada rehab rumah 3 unit dan yang dinikmati secara umum oleh masyarakat yaitu jalan sepanjang 2,1 km dan dengan pasang siringnya.

Untuk tangapan masyarakat sangat mendukung karena kegiatan TMMD ini memang salah satu cara meningkatkan kesejahtraan mereka juga dan mereka sangat senang dengan adanya pembangunan jalan ini, dan untuk tahun 2019 nanti programnya kita harus komunikasi kembali dengan pemerintah daerah tentang anggarannya,”ungkapnya.

Untuk perkerjaannya tidak masalah Cuma ada masalah tentang cuaca saja sering hujan, untuk mengangkut bahan bangunannya agak terhambat sedikit namun semuanya, jalan grong- grong, musolla, dan bedah rumah juga sudah selesai 100 persen.

Sedangkan Plt Bupati HST H A Chairansyah, memuji Dandim 1002 Barabai, menurutnya, di dalam kegiatan ini yang tidak ada dalam program TMMD merupakan kegiatan tambahan diantaranya membangun musolla dan tempat pemakaman dan pa Dandim tidak melaporkanya mungkin ini program pribadi.

Dengan dua kegiatan ini dandim melihat di desa itu tidak ada musolla mengajak kepala desa dan masyarakat ayo kita rame-rame membangun musolla yang akhirnya jadi, dan melihat di desa tersebut tidak ada kuburan dan mengajak masyarakat untuk membikin kuburan di sesa tersebut agar warga yang meninggal tidak lagi di kubur di tanah masing-masing atau depan rumah.

Sisi lain non fisik Masyarakat juga diajarkan tentang kesehatan, bela Negara, narkoba, juga masalah berlalulintas, ini masalah non fisik yang sangat penting dan menambah kesadaran bagi masyarakat.

Chairansyah juga mengharapkan kepada masyarakat, untuk menjaga dan merawat fasilitas yang sudah dibangun ini agar tidak dirusak karena semuanya dibangun untuk kepentingan masyarakat itu sendiri.

Turut hadir pada acara ini kolonel Laut (P) Daneil, Para Dandim, Danyon 621 Manuntung, ketua Persit KCK, para camat, Kapolsek, pembakal serta para pelajar undangan lainnya. (adv/ary/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...