Keterbatasan Energi PLN Kotabaru Segera Teratasi

Kotabaru, KP – Keterbatasan Energi listrik di pusat kota Kabupaten Kotabaru yang saat ini terlayani oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN), Dengan tenaga diesel sebesar 20 ribu Mega waatt, sehingga hampir setiap hari terjadi pemadaman pada beberapa titik karena ketidak mampuan melayani beban yang semakin hari semakin meningkat, kini akan teratasi dengan dimulainya pemasangan jaringan kabel listrik bawah laut aliran dari PLTU Asam asam dengan kapasitas 150 ribu Mega waatt. Sementara Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Asam-Asam sendiri, Unit 3 dan 4 berkapasitas 2 x 65 Mega Watt (Mw).

Bupati kotabari H. Sayed Jafar menghadiri acara penggelaran kabel laut 150 KV sistem kelistrikan Batulicin-Kotabaru di Desa Salino Kecamatan Pulau Laut Tengah, pertanda dimulainya pekerjaan instalasi listrik lintas bawah laut.

Pada acara tersebut di hadiri oleh direktur regional kalimantan PT. PLN Persero, Machnison Masrie, Bupati Tanah Bumbu, di wakilkan oleh Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan Drs. H. Avian Noor, wakil ketua DPRD Kotabaru, H. M. Arief, Forkopimda kab kotabaru dan tanah bumbu, serta SKPD. Dan PT. PLN . Kabupaten Kotabaru.

Disampaikan oleh Direktur Regional Kalimantan PT. PLN persero, Machnison Masrie bahwa, “Proyek ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kerja nyata menerangi Negeri.

Tujuan daripada pemasangan instalasi kabel bawah laut ini adalah, supaya listrik dari daratan Kalimantan bisa sampai kekotabaru, (Pulau Laut), karena sistem dikalimantan ini lebih besar pembangkitnya, banyak, dan kuat. Juga karena listrik dari pulau kalimantan ini juga relatif murah karena kita banyak memiliki PLTU. Proyek ini juga sangat penting bagi PLN untuk mengefisiensi kan biaya pembangkit listrik yg ada di kotabaru.

Sebelumnya Di indonesia sdh ada instalasi listrik kabel bawah laut semacam ini, contohnya seperti pulau jawa-pulau sumatera,” bebernya.

Mewakili Bupati Tanah bumbu, asisten II bidang perekonomian dan pembangunan Drs. H. Avian Noor mengatakan ” Pemkab Tanah Bumbu sangat mengapresiasi kontribusi nyata pt.pln persero yg akan memulai pegelaran kabel laut ini. Kita ketahui karena membangun banua ini tentu tidak terlepas dari upaya kita untuk membangun prasarana, khususnya terkait kelistrikan.

Ini tentu merupakan langkah strategis dalam mengupayakan ketersediaan tenaga listrik bagi pemenuhan kebutuhan listrik di masyarakat. Dengan semangat kerja nyata menerangi negeri melalui energi listrik, bersama kita tingkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat prov kalsel. Mengingat kebutuhan energi listrik kini telah menjadi kebutuhan dasar masyarakat, katanya.

Sementara itu bupati kotabaru dalam sambutannya mengatakan ” Kelistrikan sangat penting bagi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat pada umumnya, dan dapat mendorong peningkatan kegiatan ekonomi pada khususnya. Karebanya, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PT PLN (persero) atas terlaksananya pembangunan jaringan kabel laut kelistrikan batulicin-kotabaru pada hari ini.

Dengan adanya kabel laut kelistrikan batulicin-kotabaru ini, tentunya akan dapat meningkatkan perekonomian Masyarakat di kedua daerah karena dapat menjadi faktor pendorong ekonomi sekaligus faktor penarik aktivitas ekonomi.

Harapan saya, dengan ketersediaan listrik yang cukup maka akan dapat semakiin menarik minat para investor untuk menanamkan investasi dan membuka industri-industri baru di pulau laut khususnya, dan di kabupaten kotabaru pada umumnya, sehingga meningkatkan perekonomian dan taraf hidup Masyarakat disamping juga untuk meningkatkan rasio elektrifikasi yang kita targetkan sebesar 100% agar seluruh masyarakat kabupaten kotabaru dapat menikmati listrik “. Katanya kemudian mengimbau,

“Kepada Masyarakat, mari kita bersama-sama menjaga kabel listrik yang ditanamkan di dasar laut tersebut, sehingga bisa awet dan bertahan lama dengan cara tidak menggali dan membuang jangkar di area pemasangan kabel bawah laut tersebut”. Tandas Bupati.

Peninjauan lokasi penggelaran instalasi listrik bawah laut, dilakukan bersama Pihak PLN dan Pemkab Kotabaru, serta Pemkab Tanah Bumbu, dengan menggunakan Speed boat.

Setelah itu, PT. PLN reg kalimantan selatan juga melakukan pemberian sembako bagi warga Desa Salino, Desa Selaru, dan Desa Mekarpura, yang disambut dengan sukacita oleh warga. (and/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...