Hari Santri, Pesantren adalah Laboratorium Perdamaian

Banjarbaru, KP – Walikota Nadjmi Adhani memimpin Apel Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019, di Pondok Pesantren Darul Ilmi Liang Anggang, Selasa (22/10).

Walikota Nadjmi Adhani membacakan sambutan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI mengatakan, Presiden Joko Widodo melalui keputusan Presiden 22/2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “resolusi jihad’’ yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan.

Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan. Sejak ditetapkan pada 2015, kita selalu menyelenggarakan peringatan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda dan meneruskan tema tahun 2018. Peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia’’.

“Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian, yakni merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama,’’ tandasnya.

Berita Lainnya

Gedung SMPIT dan PAUDIT Diresmikan

1 dari 1.196
Loading...

Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural. Dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi bijak, toleransi dan keadilan dapat terwujud.

“Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia,’’ katanya.

Nadjmi Adhani juga mengaku bersyukur, karena dalam peringatan Hari Santri 2019 ini terasa istimewa dengan hadirnya UU 18/2019 tentang pesantren yang memastikan pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga fungsi dakwah dan pengabdian masyarakat.

“Dengan UU ini negara hadir untuk memberikan rekognisi, afirmasi dan fasilitasi pada pesantren dengan tetap menjaga kekhasan dan kemandiriannya. Dengan UU ini ini pula tamatan pesantren memiliki hak sama dengan lembaga lainnya,’’ pungkasnya.

Kegiatan ini juga menampilkan pertunjukan atraksi dari perwakilan santri dari seluruh pesantren di Kota Banjarbaru. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya