Syarat Memperoleh NUPTK Dinilai Terlalu Rumit

BANJARMASIN, KP – Permasalahan pendidikan di Banjarmasin tampaknya masih banyak yang harus dibenahi, khususnya menyangkut soal peningkatan kesejahteraan guru yaitu dalam mendapatkan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

“Masalahnya syarat untuk mendapatkan NUPTK yang menjadi dambaan setiap guru itu dirasakan cukup rumit,’’ kata anggota komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, DR (HC) Yunan Chandra.

Kepada KP, Jumat (25/10), ia menjelaskan, NUPTK adalah nomor identitas bagi semua tenaga pengajar yang sifatnya nasional. Menurutnya, tenaga pendidik khususnya dari sekolah swasta juga perlu mengantongi NUPTK, sebagai salah satu syarat mendapatkan honorarium daerah, seperti tunjangan fungsional, beasiswa pendidikan, dan syarat mutlak mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG).

Terkait permasalahan itu, Yunan Chandra mengungkapkan, di Banjarmasin hingga saat ini honorarium daerah belum diberikan secara merata, karena masih banyak guru pada sekolah swasta yang belum menerimanya.

Berita Lainnya

Metode pembelajaran Inovatif Kunci ABK

Guru dan Penulis Tanbu Apresiasi e-book iKalsel

1 dari 1.761
Loading...

“Sekolah swasta selalu mendapatkan informasi dan program yang terlambat dari Dinas Pendidikan Banjarmasin. Padahal, ini sangat penting bagi tenaga kependidikan khususnya pada sekolah swasta,’’ kata Yunan Chandra yang juga Ketua Yayasan Pendidikan Makmur Harmonis Sentosa ini.

Yunan Chandra mengatakan, komisi IV anggota DPRD Banjarmasin berencana meminta penjelasan Dinas Pendidikan Banjarmasin, terkait persoalan yang dihadapi tenaga kependidikan sekolah swasta di Banjarmasin.

“Yang terpenting sosialisasi semua program dan informasi apapun secara cepat dan tepat dari Dinas Pendidikan. Nasib guru swasta juga harus diperhatikan karena punya peran yang sama dengan tenaga pendidik negeri, guna memajukan pendidikan di Banjarmasin,’’ ujar anggota dewan dari Partai Nasdem ini.

Lebih jauh Yunan Chandra atas nama Fraksi Restorasi Bintang Pembangunan DPRD Kota Banjarmasin meminta kepada Dinas Pendidikan Banjarmasin, dapat memperhatikan dan menyelesaikan permasalahan tersebut secara tepat dan tepat.

“Bersama Pemko Banjarmasin melalui Dinas Pendidikan, akan kami carikan solusinya. Harapan kita semua dunia pendidikan di Banjarmasin sebagai barometer pendidikan di Kalsel, terus maju dan berkembang. Maka dari itu pesan sekolah swasta juga menjadi perhatian dan harapan kita semua,’’ demikian Yunan Chandra. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya