Bupati H Ansharuddin Ajak Jadi Pahlawan Masa Kini

Paringin, KP – Bupati Balangan H Ansharuddinmemimpin upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 di halaman kantor bupati, Senin (11/11). Upacara itu dihadiri Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan, Forkopimda dan instansi vertical lainnya. Hadiri pula Sekdakab Ir H Ruskariadi, para staf ahli dan asisten bupati, pimpinan OPD di lingkup Pemkab Balangan, TNI/Polri, ASN di lingkup pemkab setempat, Ketua TP PKK Balangan, Ketua Darma Wanita Persatuan (DPW), para pelajar serta tamu undangan lainnya.

Dalam upacara yang mengangkat tema “Aku Pahlawan Masa Kini” itu Bupati selaku inspektur upacara membacakan amanat Menterti Sosial Juliari P Batubara.

Dalam amanat Menteri Sosial RI  Juliari Batubara yang di bacakan oleh  Bupati H Ansharuddin  mengatakan,  Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa pada kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuh kembangkan di dalam hati sanubari kita.

Perkataan bung karno “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawanya dapat menjadi bangsa yang besar”. Untuk itu Dia mengajak untuk menghargai jasa para pahlawan.

Selain itu peringatan hari pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini , sebagaimana thema hari pahlawan tahun 2019 ” aku pahlawan masa kini”.

Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun oleh WNI, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkenah musibah , tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoaks, tidak melakukan perbuatan anarkis, atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Berita Lainnya
1 dari 1.189
Loading...

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melaui  pengorbanan  dengan tenaga,  harta, bahkan nyawa. Sekarang untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi diberbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa dimata Internasional.

PENGIBARAN – Bendera Merah Putih

Peringatan hari pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih mencintai tanah air dan menjaga sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri ini dengan tetesan darah dan air mata dengan sia-sia. “Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkomplit satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju,” katanya.

Dia menegaskan, Hari pahlawan kiranya  bukan hanya sebatas bersifat seremonial saja, tetapi dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepeduliaan untuk menolong sesama yang membutuhkan.

“Untuk itu marilah kita untuk terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Dikesempatan itu pula, bupati berpesan kepada seluruh masyarakat Balangan untuk tetap bersatu membangun Indonesia lebih khusus kabupaten Balangan yang lebih baik dan bermartabat.

“Jangan pernah berpikir untuk menghacurkan negeri atau daerah ini dengan propaganda dan merusak persatuan dan kesatuan. Kalau ada bertobatlah sebelum musnah dilawan oleh seluruh rakyat,” tegasnya.

Mantan Wabup Balangan dua periode ini juga sedih melihat situasi saat ini dimana masyarakat masih ada yang terprovokasi dan dipecahbelah. Anshar kemudian member pesan kepada para pelajar agar bisa menjadi pahlawan masa kini.

“Kepada anak anakku sekalian. Kalian adalah generasi penerus kami.Jadilah pahlawan masa kini, pahlawan yang penuh prestasi. Balangan butuh banyak pahlawan, mari kita jadikan kabupaten kita ini lebih baik ke depan,” pungkas orang nomor satu di Bumi Sanggam. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya