DLH Ingin Sekolah Punya Kantin Sehat

BANJARMASIN, KP – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, berkeinginan semua sekolah memiliki kantin sehat yang ramah lingkungan supaya para pelajar dapat menggunakan kantin dan bisa menyehatkan serta melestarikan lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs H Mukhyar melalui Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Kota Banjarmasin, Hj Dwi Naniek kepada awak media mengatakan hal tersebut saat melakukan sosialisasi di SMPN 8 Jalan Geriliya Kelayan Banjarmasin Selatan, Kamis (31/10).

Menurut Naniek, dengan kantin sehat berarti kantin tersebut tak bakalan menjual makanan kadaluarsa, selain itu tak menjual makanan dengan bahan bahan yang berbahaya.

Selain itu kantin tidak membuang sampah sembarangan, bersih dan indah, serta tidak menjual kemasan makanan berbahan plastik, katanya.

Naniek mengatakan, banyak saja bahan alternatif pengganti bungkus plastik, seperti daun pisang, daun keladi, daun pandan, daun kelapa, daun nipah, selain ramah lingkungan juga memanfaatkan bahan alam yang ada.

Berita Lainnya

Metode pembelajaran Inovatif Kunci ABK

Guru dan Penulis Tanbu Apresiasi e-book iKalsel

1 dari 1.761
Loading...

“Saya berharap pengelola sekolah untuk mewanti-wanti setiap kantin untuk sehat dan ramah lingkungan, kalau tidak menggubris sebaiknya pengelola sekolah mengganti saja pemilik kantin itu,’’ katanya.

Ia juga menyarankan setiap sekolah sudah Adiwiyata, dengan memiliki tanaman pelindung, kantin sehat, bank sampah, pengolahan sampah kompos, dan sebagainya.

Khusus SMPN 8 ia menilai kondisi lingkungan sekarang sudah banyak perubahan yang lebih baik, dan sudah masuk Adiwiyata mandiri diharapkan bisa menjadi Adiwiyata nasional.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Totok Daryanto, dengan sekolah Adiwiyata, diharapkan semua sekolah menjadi ramah lingkungan, sehingga memudahkan dan memberi kenyamanan proses belajar dan mengajar di sekolah.

Oleh karena itu, tambahnya, pihaknya selalu menggenjot seluruh sekolah mendirikan bank sampah, serta membenahi pekarangan dengan tanaman penghijauan atau tanaman hias, serta gedung sekolah yang ramah lingkungan.

Kegiatan sosialisasi tentang kantin sehat oleh DLH Banjarmasin di SMPN 8 Banjarmasin merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dengan harapan sekolah sadar dan tetap menjaga kondisi sekolah mereka. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya