KBB V Diramaikan dengan Seni Khas Banjar

Banjarmsin, KP – Kongres Budaya Banjar (KBB) V yang dijadwalkan berlangsung 28 November hingga 1 Desember 2019 di Hotel Area Barito dan Mahligai Pancasila Banjarmasin, akan diramaikan dengan kesenian khas Banjar.

Hal tersebut terungkap saat rapat persiapan terakhir yang dipimpin oleh Kepala Pembinaan Kebudayaan Dikbud Kalsel, Akhmad Subakti di Kantor Dikbud Kalsel, Banjarmasin, Rabu (27/11), dihadiri beberapa anggota kepanitiaan KBB lainnya.

Seni yang akan ditampilan seperti pada malam penyambutan ada Madihin serta aneka seni lainnya, sedangkan malam penutupan ada tampilan Bamanda dan orkes Banua Raya Simpony.

Selain itu, KBB V juga akan ada pameran dagang, seperti kain sasirangan, batu permata, dan hasil industri dan kerajinan khas Kalsel. Dalam acara KBB tersebut diharapkan terjadi kontak dagang antara saudagar Banjar, untuk meningkatkan produk UKM setempat.

Selain sidang-sidang di KBB V, peserta berasal 23 provinsi tanah air ditambah kabupaten dan kota Kalsel, serta dari tiga negara di luar negeri akan diajak tamasya susur sungai ke Lok Baintan pada hari terakhir.

Berdasarkan keterangan setiap provinsi diundang dua orang peserta, kalau 23 provinsi berarti ada 46 peserta, belum termasuk yang diundang dari tiga negara Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Itu yang diundang belum lagi adanya peserta penggembira diluar dari undangan yang konon setiap provinsi yang diundang juga berdatangan, untuk Kaltim saja tercatat 13 orang menghadiri KBB V tersebut. (vin/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...