Lajar Deklarasikan Desa Peduli Anak

EMPAT PERWAKILAN - Warga Desa Lajar kecamatan Lampihong bacakan ikrar deklarasi Desa Peduli Anak. (KP/Ist)

Paringin, KP – Perintah kabupaten (Pemkab) Balangan terus berupaya mengejar Balangan Layak Anak dengan terus menambah daftar Desa Layak Anak. Selasa (5/11) kemarin bertempat di Gedung Olahraga Desa Lajar kecamatan Lampihong, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) setempat mendeklarasikan Desa Lajar sebagai Desa Layak Anak. Dengan masuknya Desa Lajar ini menambah deretan nama nama desa layak anak di kabupaten Balangan yang tersebar di 8 kecamatan.

Disaat deklarasi desa peduli anak itu, Bupati Balangan, H Ansharuddin melalui Hj Hasmiati Asisten III Setdakab Bidang Administrasi Umum mengharapkan komitmen deklarasi mewujudkan Kabupaten Balangan Layak Anak. Bukan sekadar ungkapan, namun harus direalisasikan sebagai upaya melindungi anak-anak di Kabupaten Balangan.

“Deklarasi desa peduli anak untuk menuju kabupaten Balangan layak anak tidak hanya sebatas seremonial belaka. Komitmen yang telah dibacakan itu benar-benar diwujudkan,” katanya.

USAI – Kegiatan deklarasi Asisten III, Hj Hasmiati dan camat serta para anak anak berfoto bersama. (KP/Ist)

Disampaikannya juga, dalam pelaksanaannya desa layak anak memiliki gugus depan yang akan bertugas untuk memetakan kondisi anak-anak di wilayah desa tersebut.

Di dalamnya juga ada khusus yang bertugas untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hak-hak anak.

“Sehingga diharapkan muncul kesadaran untuk member perlindungan kepada anak-anak. Sekaligus mendorong partisipasi masyarakat untuk aktif mau melapor jika terjadi kekerasan pada anak,” katanya menjelaskan.

Kepala Desa Lajar Musripin mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan pembentukan forum anak yang diselenggarakan oleh DPPPA Kabupaten Balangan, pihak desa akan ikut berpartisipasi serta mendukung penuh terkait dengan kegiatan ini.

“Sebagai kepala desa pasti sangat mendukung dengan adanya kegiatan pembentukan forum anak dari DPPPA Kabupaten Balangan,” ujarnya.

Sementara, Wahyu Jati Kusuma selaku perwakilan PT Adaro dari program CSR menyampaikan terkait bantuan yang telah diberikan PT Adaro kepada masyarakat dalam bentuk wujud nyata yang sudah tercapai seperti bidang pendidikan untuk bantuan infrastruktur sekolah, bantuan beasiswa, serta bantuan sakit katarak dan khitanan massal.

“PT Adaro memberikan bantuan dalam bidang pendidikan seperti infrastruktur sekolah, bantuan beasiswa,serta sakit katarak dan khitanan massal,” jelasnya

Dia berharap semoga perusahaan bisa terus mensupport dan konsisten dalam melanjutkan program bantuan ini, demi kesejahteraan desa Lajar di Kabupaten Balangan dan sekitarnya.

“Harapannya dari perusahaan bisa terus mensupport dan konsisten demi kesejahteraan desa lajar Kabupaten Balangan dan sekitarnya,” imbuhnya. (jun/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...