Ibnu Puas Jelang Tahun Baru Harga Sembako Stabil

Banjarmasin, KP – Empat hari menjelang perganti tahun, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menginspeksi sejumlah pasar, salah satunya Sentral Antasari, Jumat (27/12) pagi.

Bahkan dalam inspeksi mendadak atau dadakan itu, satu per satu blok pasar tradisional dihampirinya. Tak lupa orang nomor satu di Kota Seribu Sungai ini menampung aspirasi rakyat yang dominan pedagang.

“Kami memastikan para pedagang di pasar memiliki stok kebutuhan bahan pokok menjelang pergantian tahun,’’ ucap Walikota H Ibnu Sina yang didampingi Sekdako Banjarmasin Drs H Hamli Kursani, Asisten II Ir H Doyo P, Kepala PUPR Kota Ir HM Arifin Noor juga jajaran dinas terkait.

Setelah berkeliling, Ibnu mengetahui beberapa harga bahan pokok stabil. Seperti harga daging sapi Rp120 ribu hingga Rp130 ribu per kilogram. Kemudian harga ayam Rp38 ribu sampai Rp40 ribu per kilogram. Cabe merah dari Rp20 ribu hingga Rp40 ribu.

Lalu yang melonjak adalah harga beras bertambah Rp1.000u dari harga biasanya, tapi masih di bawah HET atau harga eceran tertinggi. Selain itu, lanjut dia, stok bahan pokok tersebut masih cukup untuk beberapa tahun ke depan.

“Kami berharap suasana stabilitas harga bahan pokok ini dipertahankan stabil hingga pergantian tahun 2020,’’ imbuhnya.

Sedangan kata pedagang, suasana menjelang tahun baru ini tidak begitu memberikan dampak pada komoditas stok dan harga bahan pokok. Lain halnya mendekati hari besar umat Islam seperti Idul Fitri. Apalagi ditambah bulan Ramadhan satu bulan penuh.

Berita Lainnya
1 dari 1.820
Loading...

“Adanya pergerakan manusia karena mudik dan lainnya sehingga harga kurang stabil. Jika Natal dan Tahun Baru ini emang inflasinya lebih stabil,’’ pungkasnya.

Ibnu tak lupa juga berterima kasih kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) karena telah menjaga harga dan stok pangan stabil menjelang pergantian tahun. Karena Harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Kota Banjarmasin menjelang pergantian tahun stabil.

Bahkan, Ibnu mengatakan, kalau toh ada harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, namun hal tersebut tidak terlalu tiggi, sehingga dapat disimpulkan sampai saat ini semua harga kebutuhan pokok stabil. “Kami berharap suasana ini bisa dipertahankan tetap stabil,’’ ujarnya.

Salah satu pedagang beras di pasar tersebut mengatakan, harga beras di Kota Banjarmasin tidak mengalami kenaikan.

Pasalnya, rata-rata hasil panen padi para petani di Kalsel tahun ini bagus. “Untuk tahun baru kemungkinan tidak naik, tapi sebenarnya kenaikan beras itu tergantung hasil panen, jadi kalau hasil panennya bagus, harga beras tidak mahal,’’ ujarnya pria yang enggan menyebutkan namanya ini.

Dari hasil pemantauan tersebut, untuk bahan pokok seperti daging harga jualnya sekira Rp120 ribu hingga Rp130 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga ayam dikisaran Rp38 ribu sampai Rp40 ribu per ekornya.

Kemudian, untuk harga cabai relatif stabil yakni dengan kisaran harga Rp20 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram, sedangkan harga cabai rawit sekira Rp50 ribu per kilogram.

Selain melihat langsung harga Sembako, saat itu orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini juga berdialog dengan masyarakat yang ada di kawasan pasar tersebut. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya