Langgar Jam Tayang Malam Tahun Baru Izin THM Terancam Dicabut

BANJARMASIN, KP – Menyambut malam pergantian tahun 2020 seluruh Tempat Hiburan Malam (THM) diingatkan tetap mentaati ketentuan soal jam tayang. Jika ketentuan ini tidak diindahkan, dimintakan agar Pemko Banjarmasin mengambil sanksi dan tindakan tegas sesuai ketentuan berlaku.

Sementara DPRD Kota Banjarmasin direncanakan akan turun kelapangan melakukan pengawasan untuk memastikan kepatuhan THM mematuhi ketentuan jam tayang tersebut. Karena tidak ada dispensasi pemberian jam tayang, meski dalam menyambut malam tahun baru.

“Jika ada THM melakukan pelanggaran, maka DPRD Kota Banjarmasin akan mengeluarkan rekomendasi kepada walikota agar mencabut izin operasional THM yang melakukan pelanggaran,’’ kata Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, HM Yamin.

Kepada KP, Kamis (25/12), ia menegaskan, kententuan soal jam tayang THM diatur dalam Perda Nomor : 12 tahun 2016 tentang Usaha Penyelenggaraan Kegiatan Hiburan dan Rekreasi, hasil revisi atau perubahan atas Perda Nomor : 19 tahun 2011.

Dikemukakan, dalam Perda Nomor : 12 tahun 2016 atas berbagai pertimbangan menyusul banyaknya aspirasi masyarakat ketentuan oeprasional jam tayang THM mengalami perubahan dan dilakukan pembatasan.

Adapun THM yang mendapat pengurangan jam tayang yaitu diskotik dan karouke keluarga. Sedangkan jenis THM lainnya tidak ada pengurangan jam tayang. Dalam Perda yang disahkan, menurut HM Yamin, jam tayang diskotik Mingggu, Senin, Selasa, Rabu mulai pukul 22.00 sampai 00.00 WITA. Sedangkan Jumat malam atau malam Sabtu dan Malam Minggu dari pukul 22.00 sampai 01.00 WITA.

Karouke keluarga jam tayang dari pukul 13.00 sampai 22.00 WITA, karouke dewasa dari pukul 16.00 sampai 00.00 WITA, Pub/Lounge Minggu, Senin, Selasa, Rabu dari pukul 21.00 sampai 00.00 WITA, sementara untuk hari Jumat dan Sabtu mulai pukul 21.00 sampai 01.00 WITA.

Berita Lainnya
1 dari 1.801
Loading...

Billiard/bola sodok hari Senin, Selasa, Rabu, Sabtu dan Minggu dari pukul 12.00 sampai 00.00 WITA. Sedangkan khusus untuk hari Kamis mulai 12.00 WITA sampai 17.00 WITAa dan Jumat mulai 14.00 WITAa sampai 00.00 WITA.

“Khusus malam Jumat maupun malam hari-hari besar keagamaan, baik THM maupun diskotik, karouke, billiard ditutup atau tidak boleh beroperasi,’’ tandas unsur pimpinan dewan dari Fraksi Partai Gerindra ini.

Ia juga menambahkan, untuk jam kegiatan operasional usaha hiburan dan rekreaksi lainnya selain diskotik, karaouke, billiard dan pub/lounge ditetapkan dengan batas jam operasional maksimal 01.00 WITA.

Lebih jauh ditegaskan, kepatuhan dalam mentaati ketentuan jam tayang agar seluruh THM di kota ini tidak lagi memicu pro dan kontra. Karena itu pihak Pemko melalui instansi terkait bisa melaksanakan aturan baru ini dengan melakukan pengawasan secara ketat terhadap pengelola THM yang melakukan pelanggaran.

“Bila tidak, maka aturan baru terkait perubahan jam tayang THM tersebut tidak akan berarti apa-apa dan hanya sekedar menjadi ‘macan kertas’,’’ katanya.

Sebelumnya menjelang setiap menyambut natal dan malam pergantian tahun, sejumlah persiapan dilakukan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Banjarmasin sudah mengadakan rapat koordinasi.

Dalam pertemuan itu Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina sempat menyinggung tentang operasional jam tayang THM pada malam pergantian tahun tersebut. Ia menegaskan, pada malam pergantian tahun semua THM di kota berslogan Baiman ini haruslah mentaati ketentuan jam tayang sesuai ketentuan berlaku.

Sementara pada malam pergantian tahun nanti pihak kepolisian akan ada penutupan ruas jalan utama di kota Banjarmasin. Keramaian warga dalam setiap menyambut setiap malam tahun baru biasanya terpusat simpang empat Jalan Lambung Mangkurat depan Hotel Mentari, Siring Jalan Sudirman dan Siring Tendean Jalan Kapten Piere Tendean. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya