Pesparawi ke – VI  Tingkat Kabupaten Kecamatan Dustim Raih Juara Umum Se – Bartim

Tamiang Layang ,KP – Kecamatan Dusun Timur  berhasil menyabet juara umum Pesta Paduan Suara Gerejawi ke- VI tingkat Kabupaten Barito Timur yang dilaksanakan di Desa Tampa Kecamatan Paku, tanggal  28 – 30 November 2019.

Ketua Panitia Pelaksana Pesparawi ke- VI Ariantho S Muler mengatakan, kegiatan Pesparawi diikuti oleh peserta perwakilan masing-masing kecamatan dengan dengan jumlah peserta sebanyak 830 orang.

” Pelaksanaan Pesparawi ini Tujuannya untuk mengali potensi maupun talenta para peserta dalam bernyanyi yang nantinya diharapkan bisa mewakili dan juga bisa mengharumkan nama Kabupaten Barito Timur diajang Pesparawi tingkat Kalteng maupun Nasional,” kata Ariantho, Minggu.

Ariantho mengapresiasi pelaksanaan Pesparawi ke- VI yang berlangsung tertib,aman dan sukses. Hal ini berkat kerjasama yang solid dari seluruh seksi panitia pelaksana yang dibantu jajaran perangkat daerah, relawan dan komunitas serta seluruh masyarakat, terkusus masyarakat Desa Tampa.

“Kita juga akan melakukan evaluasi atas kekurangan dan kelebihannya agar kedepannya kegiatan Pesparawi semakin lebih baik lagi dan maksimal,” kata Ariantho.

Pria yang juga Ketua I Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi Daerah (LPPD) Bartim yang membidangi paduan suara itu menambahkan, untuk ke tingkat propinsi Kalteng, panitia dan pengurus LPPD  akan melaksanakan intruksi Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, agar kontingen Barito Timur mengirim peserta untuk semua kategori.

LPPD akan bekerjasama dengan pelatih nasional untuk melakukan seleksi kembali  para peserta pada Pesparawi ke-6tingkat kabupaten untuk menjadi peserta pada Pesparawi tingkat Provinsi Kalteng yang akan dilaksanakan di Kuala Kapuas Kabupaten Kapuas.

“Jadi, yang juara satu tidak pasti semuanya menjadi peserta pada Pesparawi tingkat provinsi tapi nanti tim paduan suara baik kategori paduan suara putra, paduan suara wanita dan paduan suara dewasa campuran adalah gabungan dari hasil seleksi dan akan di karantina selama pemusatan latihan oleh pelatih nasional,” kata Ariantho yang juga Wakil Ketua I DPRD Barito Timur.

Lanjutnya, hal ini agar bisa mencapai hasil maksimal di Kuala Kapuas. Untuk itu, perlu ada strategi yang bagus, baik dari sistem seleksi peserta,  pembinaan hingga pelatihan.

Ketua LPPD Barito Timur Barnusa mengatakan, dalam pelaksana sudah terjaring dan lahir peserta yang memiliki bakat-bakat yang sangat baik.

“Ada keinginan satu yang belum dicapai adalah rencana menjadi 5 besar pada Pesparawi tingkat Provinsi Kalteng di Kuala Kapuas,” katanya.

Barnusa juga menghimbau masyarakat, bahwa perlu ada ungkapan terimakasih kepada Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas yang selalu memberikan dukungan dan mengawasi pelaksanaan Pesparawi ke – VI

Kedepan LPPD Barito Timur akan melakukan pelatihan di setiap kecamatan, baik tingkat remaja maupun tingkat anak-anak sehingga nantinya masing-masing Kecamatan memiliki pianis pianis muda yang berbakat.

“Dalam hak pembinaan, LPPD Barito Timur akan bekerjasama dengan LPPD Kecamatan dan berkolaborasi dengan para pendeta pendeta,” katanya.

Mewakili Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, Asisten III Patt Budiman Anjab mengucapkan terimakasih kepada seluruh komponen yang turut serta membantu terlaksananya Pesparawi ke-6 dengan baik  dan maksimal.

“Untuk persiapan Pesparawi Tingkat Provinsi Kalteng di Kuala Kapuas, panitia dan LPPD Barito Timur diharapkan mampu menampung dan menyeleksi peserta dari kecamatan-kecamatan yang teebaik sehingga apa yang dicita-citakan untuk menjadi lima besar bisa tercapai,” kata Patt Budiman.

Dari data panitia, Kecamatan Dusun Timur sebagai Juara Umum dengan rincian sebagai berikut, yakni Kecamatan Dusun Timur meraih teladan I pada lomba paduan suara wanita dengan nilai 1.275 poin, disusul Kecamatan Paku 1.266 poin dan Kecamatan Benua Lima 1.260 poin.

Kecamatan Dusun Timur meraih teladan I paduan suara dewasa campuran dengan nilai 1.239 poin, disusul Kecamatan Paku  1.228 poin dan Patangkep Tutui 1.224 poin. Kecamatan Dusun Timur juga meraih teladan I paduan suara pria dengan nilai 1.243 poin, disusul Kecamatan Karusen Janang 1.236 poin dan Kecamatan Paku 1.231 poin.

Kecamatan Dusun Timur juga meraih teladan I vokal solo pemuda remaja putra dengan nilai 1.180 poin, disusul Kecamatan Karusen Janang 1.173 poin dan kecamatan paku 1.167 poin. Pada lomba teladan I vokal solo pemuda remaja Kecamatan Dusun Timur dengan poin 1.196 poin, disusul Kecamatan Patangkep Tutui 1.186 poin dan Kecamatan Pematang Karau 1.184 poin.

Teladan I vokal solo anak usia 9-12 tahun diraih Kecamatan Karusen Janang dengan nilai 1.171 poin, disusul Kecamatan Awang 1.163 poin dan Kecamatan Benua Lima 1.157 poin.

Sedangkan teladan I vokal solo anak usia 6-8 tahun diraih Kecamatan Dusun Timur dengan nilai 1.155 poin, disusul Kecamatan Paku 1.148 poin dan Kecamatan Dusun Tengah 1.145 poin. (Vna/k-8)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...