Polda Kalsel Gelar Kontinjensi Aman Nusa II

Banjarmasin, KP – Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) mengadakan apel gelar pasukan Operasi Aman Nusa II dalam rangka menghadapi Kontijensi bencana di penghujung 2019, Senin (16/12).

Apel dipimpin Kapolda Kalsel, Irjen Pol Yazid Fanani, diikuti personil Brimob, polisi satwa dan polisi air-udara, tim DVI dan dokter polisi.

Apel dimaksudkan dalam rangka kesiapsiagaan personil Polda Kalsel menghadapi dan menangani kejadian bencana alam di wilayah Kalsel.

Kapolda mengatakan, akhir-akhir ini sering terjadi bermacam bencana alam di beberapa wilayah di tanah air.

Untuk menghadapi fenomena terjadinya bencana alam diawal tahun 2020  tersebut, tentunya  Polri harus menyikapi secara sungguh-sungguh dengan siap siaga, waspada dan antisipasi sedini mungkin di wilayah hukum Polda Kalsel.

 Dalam hal ini memiliki potensi bencana alam. Sehingga diharapkan jatuhnya korban jiwa maupun kerugian materi dapat ditekan sekecil mungkin.

Melalui apel kesiapsiagaan ini, Polda Kalsel beserta seluruh jajarannya diharapkan benar-benar mampu mempersiapkan diri secara maksimal dengan seluruh sumber daya yang dimiliki baik personil maupun sarana dan prasarana, untuk berperan secara aktif dalam rangka penanggulangan bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Berita Lainnya
1 dari 1.038

Kapolda menekankan beberapa hal untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas terkait kesiapan penanggulangan bencana alam, sebagai berikut.

Lakukan deteksi dini dan update kembali pemetaan daerah rawan bencana alam.

Berikan himbauan kepada masyarakat terutama di daerah rawan bencana untuk terus meningkatkan kewaspadaan apabila terjadi bencana alam.

Tingkatkan patroli pemantauan wilayah rawan terjadinya bencana alam, sehingga bisa menjadi early warning apabila terjadi bencana.

Kemudian apabila terjadi bencana alam, polri harus cepat tanggap untuk segera memberikan bantuan kepada masyarakat, lakukan sar terbatas serta mengamankan harta benda milik masayarakt yang ditinggalkan pada saat mengungsi.

Tingkatkan sinergitas dengan seluruh elemen pemangku kepentingan dan stake holder terkait serta seluruh lapisan masyarakat untuk bersama – sama berperan aktif dalam penanggulangan bencana alam.

“Lainnya laksanakan tugas ini dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab, insya allah menjadi ladang ibadah bagi kita semua,” ucap kapolda. (K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya