Operasi Lilin Persiapan Pengamanan “Nataru” Sasaran Utama Orang, Barang dan Kegiatan

Banjarmasin, KP -Kesiapsiagaan jelang perayaan ‘Nataru” (Natal 2019 dan Tahun Baru 2020), Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Lilin Intan 2019, dengan mengundang tokoh agama, aparat keamanan dan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) di Rupatama Mapolda Kalsel, Senin (16//12).

Rakor tersebut dipimpin oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol  Yazid Fanani,  Pejabat Utama (PJU) Polda Kalsel, TNI, Forkopimda Kalsel dan Instansi terkait lainnya .

“Kegiatan ini untuk memastikan Operasi Lilin dapat berjalan baik.

A,rtinya kita koordinasikan apa yang kita lakukan memastikan bukan hanya keamanan namun juga kenyamanan masyarakat,” kata Kapolda Kalsel.

Operasi akan dilaksanakan H-7 sampai H+7 dengan 3  sasaran utama yaitu orang, barang dan kegiatan.

Lebih jauh, kapolda menguraikan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 petugas Polda Kalsel tidak bisa mengamankan sendiri.

Karena itu diperlukan kerja sama yang baik dari TNI maupun instansi terkait lainnya. Agar pelaksanaan Operasi Lilin Intan 2019 dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Berita Lainnya
1 dari 1.038

Dalam pengamanan “Nataru” bekerja sama antara TNI-Polri serta unsur lain dalam pengamanan Gereja agar dalam pelaksanaan berjalan dengan hikmat.

Saat ini, lanjut Kapolda situasi Kamtibmas di Kalsel sangat kondusif.

Karena itu, pihaknya mengajak para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dengan cara tetap menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama.

Sementara  Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor menyampaikan, pada umumnya menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, terjadi kepadatan arus lalu lintas, oleh karena itu perlu dilakukan Operasi Lilin Intan 2019, sebagai deteksi untuk mengetahui setiap perkembangan situasi terkini.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel mendukung penuh diselenggarakannya Operasi Lilin Intan 2019. Dukungan ini berupa kesiapan personil untuk mengisi dan menjabarkan tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggungjawabnya, terutama tugas lapangan yang membutuhkan dedikasi tingkat tinggi,” papar gubernur melalui perwakilannya dari Pemprov Kalsel.

Ia juga menegaskan himbauan kepada Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Kesbangpol, dan Satpol PP, agar megaplikasikan Tupoksi masing-masing dalam operasi Lilin Intan ini.

Namun lanjutnya, satu hal yang perlu diapresiasi operasi ini bersifat kemanusiaan yang menonjolkan pada kegiatan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat. (K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya