Bawaslu Akui Politik Uang di Banjarmasin Masih Menggurita

Banjarmasin, KP – Sampai sekarang politik uang dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Kepala Daerah (Pilkada) maupun Legeslatif masih belum bisa diberatas dan menggurita.
Bahkan kasus tersebut juga diakui Bawaslu kasus yang paling menantang diantara lainnya.

Koordinasi Divisi Hukum, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga, Munawar Khalil mengatakan sampai dengan hari ini rumus penyelesaian masalah itu masih dalam penggodokan.
Karena peran pelaku money politik itu cukup lihai dalam menyembunyikan aksinya. Caranya juga bermacam-macam, katanya.

“Mereka begitu pandai dalam memainkan politik uang,” ujarnya saat Rapat Koordinasi Penindakan dan Pelanggan Pada Pilkada 2020, Kamis (30/1) di Hotel Royal Jelita Banjarmasin.

Dikataka, masa kampanye dan masa tenang pergerakan meraka tidak terlihat, akan tetapi sebelum masa itu mereka sudah menjalankan proses politik uang.

Kejahatan pemilu money politik adalah salah satu dari 10 kejahatan yang menjadi tantangan pihaknya. Munawir menyebutkan 10 tantangan itu adalah :

Berita Lainnya
1 dari 1.384
Loading...
  1. SARA (Suku, Agama, Ras, antar golongan)
  2. Politik uang
  3. Manipulasi dan kampanye
  4. Netralitas PNS
  5. Logistik
  6. Persepsi
  7. Calon tunggal
  8. Kampanye diluar jadwal
  9. Integritas penyelenggaraan
  10. Perlindungan pelapor

Adapun Pemilu tahun lalu pihaknya berhasil menemukan kecurangan dengan pembagian uang atau sembako kepada masyarakat, hal tersebut langsung kami proses secara hukum.

“Ada ditemukan pembagian uang atau sembako, kami proses secara hukum sampai kepengadilan,” katanya.

Pihaknya optimis semua pergerakan politik uang atau yang melanggar hukum pada Pilkada 2020 akan lebih diperketat agar tidak terjadi hal seperti itu.

“Baik pengawasan Panwascam maupun desa akan kami kerahkan untuk menanggulangi kecurangan Pilkada 2020,” pungkasnya.(vin/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya