Haul Akbar ke-73 Habib Hamid bin Abbas Bahasyim Kubah Basirih Dipenuhi Lautan Manusia

Banjarmasin, KP – Haul Akbar ke-73 Almajdzub Billah Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim di Jalan Keramat, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat (Kubah Basirih) dipadati jamaah yang datang tak hanya dari dalam kota berjuluk seribu sungai, tetapi juga dari luar kota ini.

Menariknya, selain melalui jalur darat, para jamaah juga terlihat datang dengan menggunakan jalur sungai, takt ayal, kawasan Kubah Basirih pun dipenuhi oleh lautan manusia.

Meski begitu, saat acara berlangsung, seluruh jamaah yang hadir terlihat khusyuk mengikuti seluruh rangkaian acara, mulai dari tausyiah yang diberikan para habib hingga tahlilan.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengucapkan selamat datang kepada para jamaah Haul Akbar ke-73 Almajdzub Billah Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim. “Kita hadir di sini karena kita cinta dengan baginda Nabi Muhammad SAW dan juga cinta dengan juriat-juriat beliau. Selamat datang di kota seribu sungai,’’ ujarnya, Sabtu (18/1).

Almajdzub Billah Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim termasuk pasaknya Banjarmasin. Untuk itu, orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini berharap, mudah-mudahan dengan rutinnya dilaksanakan haul akbar tersebut, jumlah jamaah yang hadir juga semakin banyak. “`Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi berkah buat Kota Banjarmasin, mudah-mudahan berkah buat kita semua, mudah-mudahan kehadiran kita di sini adalah tanda kita cinta kita kepada Rasullah Muhammad SAW,’’ katanya.

H Ibnu Sina yang datang bersama Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, menuju lokasi kegiatan dengan menggunakan jalur sungai.

Berita Lainnya
1 dari 1.969
Loading...

Informasi terhimpun, Alquthub Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau dikenal dengan sebutan Habib Basirih, merupakan seorang ulama Banjar dzuriat Rasulullah SAW.

Nasab Habib Basirih terdiri atas, Hamid bin Abbas bin Abdullah bin Husin bin Awad bin Umar bin Ahmad bin Syekh bin Ahmad bin Abdullah bin Aqil bin Alwi bin Muhammad bin Hasyim bin Abdullah bin Ahmad bin Alwi bin Ahmad AlFaqih bin Abdurrahman bin Alwi Umul Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath (keturunan generasi ke-16 dari Rasulullah Muhammad SAW).

Leluhur Bahasyim di Banjar adalah Habib Awad bin Umar. Habib Awad bin Umar adalah keturunan ke-32 dari Rasulullah Muhammad SAW.

Satu versi menyebut Habib Awad masuk ke Banjar lewat Sampit, Kalteng. Habib Awad bermakam di Bima, Nusa Tenggara Barat.

Oleh karena itu antara Bahasyim di Banjar dengan Bahasyim di Bima ada pertalian persaudaraan.

Versi lain menyebutkan, bahwa salah satu cucu Habib Awad bin Umar ada yang hijrah ke Bima, kemudian menurunkan keluarga besar Bahasyim di Bima. Tapi sebagian besar anggota keluarga Bahasyim berpandangan bahwa, Habib Awad adalah Bahasyim tertua yang datang ke Tanah Banjar. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya