Pimpinan Dewan dan Petinggi Pemko Gelar Rapat

Banjarmasin, KP – Pimpinan DPRD Kota Banjarmasin dan petinggi Pemko Banjarmasin menggelar rapat, Selasa siang (14/1). Pertemuan berlangsung tertutup ini diantaranya membicarakan perseteruan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub), Ichwan Noor Khalik dengan komisi III DPRD Kota Banjarmasin.

Sebagaimana ramai diberitakan, perseteruan terjadi lantaran, Ichwan Noor Khalik selaku Kepala Dinas Perhubungan, menolak menghadiri rapat kerja dengan komisi III, meski diundang sudah tiga kali berturut-turut.

Menyikapi permasalahan tersebut, Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Harry Wijaya SH MM tertanggal 13 Januari 2020 kemudian melayangkan surat undangan rapat kepada Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina.

Surat undangan rapat disampaikan menurut Wakil Ketua DPRD Kota, guna membahas dan membicarakan terkait tunggakan atau kekurangan bayar pajak parkir yang mesti disetorkan oleh pengelola parkir pusat pembelanjaan Duta Mall sebesar Rp1,7 miliar berdasarkan hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalsel.

Selain hasil temuan BPK soal kekurangan bayar setoran pajak parkir, juga direncanakan dibahas adanya dugaan indikasi tambah pajak parkir yang dibebankan kepada masyarakat oleh pengelola parkir Duta Mall.

“Namun dalam pertemuan rapat hari ini walikota tidak bisa hadir, karena ada tugas lain dan untuk mewakili beliau, walikota kemudian mendesposisikan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pak Hamli Kursani,’’ ujar Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Hj Ananda.

Kepada sejumlah wartawan usai rapat, mantan Ketua DPRD Kota Banjarmasin periode 2014–2019 ini menjelaskan, selain Sekdako Hamli Kursani hadir diantaranya, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Subhan Nor Yaumil, perwakilan Inspektorat dan sejumlah perwakilan SKPD terkait lainnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.747
Loading...

“Sementara Kadishub, Ichwan Noor Khalik tidak hadir,’’ kata Hj Ananda yang memimpin rapat dan juga dihadiri Wakil Ketua DPRD, HM Yamin dan Tugiatno ini. Sementara Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Harry Wijaya tidak hadir karena sedang melaksanakan ibadah umroh.

Menurutnya, dari pertemuan rapat digelar, baik Sekdako maupun Bakeuda tidak bisa banyak menjelaskan terkait permasalahan ditanyakan. “Karena kan memang yang menjalankan retribusi dan pajak parkir di lapangan adalah pihak Dishub,’’ ujar Ananda.

Lebih jauh Ananda mengemukakan, pada dasarnya dewan tidak menginginkan masalah ini sampai gaduh. Karenanya pihak dewan akan mengagendakan rapat ini kembali dengan mengundang dan meminta kehadiran walikota.

“Terserah apakah beliau akan datang sendiri atau membawa dinas terkait diantaranya Dishub untuk menjelaskan masalah ini,’’ ujar Ananda.

Ananda juga mengakui, dalam pertemuan berlangsung ada beberapa hal dibicarakan terkait hubungan atau perseteruan yang terjadi antara Kepala Dinas Perhubungan, Ichwan Noor Khalik dengan komisi III. Ia menandaskan, kejadian itu mestinya tidak perlu terjadi.

Mengingat, dewan dalam melaksanakan kewajibannya, kata Ananda, yaitu melakukan pengawasan demikian pula pihak Pemko dalam kerangka memperjuangkan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“ Khususnya pajak dan retribusi pajak parkir, sebagai salah satu yang menjadi primadona PAD Kota Banjarmasin memang perlu banyak dilakukan pembenahan untuk dievaluasi,’’ katanya. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya