Waspada Dan Siap Siaga Terhadap Bencana Alam

Batulicin, KP – Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor membuka rapat koordinasi terkait antisipasi bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang air laut di aula rapat kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Rabu (8/1/2019).

Dalam sambutanya Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor mengatakan, sebagaimana surat yang disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 364/675/PK-BPBD/2019, tertanggal 15 Oktober 2019 hal Antisipasi Menghadapi Bencana Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung dan Gelombang Pasang di Provinsi Kalimantan Selatan, maka selaku kepala daerah ia menginstruksikan kepada semua pihak dan SKPD terkait lainnya agar segera menindaklanjuti dan melakukan koordinasi. “Agar kita semua di daerah ini, selalu waspada dan siap siaga terhadap bencana alam yang kapan saja dapat terjadi,”ujarmya. 

Lebih lanjut disampaikan, Kewaspadaan dan kesiap-siagaan menjadi sangat penting, karena letak geografis dan kondisi geologis Kabupaten Tanah Bumbu memiliki tingkat kerawanan terhadap bencana alam.

“Oleh karena itu, belajar dari kejadian-kejadian bencana alam dari tahun 2015 sampai tahun 2019, kita semua harus dapat mengevaluasi dan mantapkan kewaspadaan serta kesiap-siagaan seluruh perangkat yang ada,” pintanya.

Berita Lainnya

H Sudian Noor Hadiri Penarikan Undian Simpedes

1 dari 1.183
Loading...

Dia juga menghimbau, pada pihak swasta ataupun perusahaan swasta agar sama-sama terlibat dalam mengantisipasi bencana maupun pasca bencana di wilayah Kabupaten Tanbu.

Sementara  dalam rakoor tersebut, pihak BPBD Tanbu menjelaskan telah melakukan langkah-langkah antisipasi tanggap bencana dengan pemeriksaan penyiapan dan penyediaan peralatan tanggap bencana dan logistik.

Selain itu, himbauan kepada masyarakat pemasangan spanduk dan pamflet siaga bencana serta akan segera mengaktifkan peralatan peringatan dini yang ada di Desa Jombang Kecamatan Satui yang selalu  jadi langganan banjir setiap musim penghujan.

Juga BPBD Tanbu akan menggelar apel siap siaga dan simulasi bencana yang akan dilaksanakan di pantai pagatan.

Sebelumnya Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana BPBD Tanah Bumbu Abdul Rahim dallam laporanya menyampaikan, tujuan dilaksanakannya rakor adalah dalam rangka untuk mengantisipasi bencana banjir dan mulai datangnya musim penghujan, sehingga pihak BPBD melakukan rapat koordinasi agar dalam pelaksanaan penanganan bencana dapat berjalan dengan baik melalui kerjasama semua instansi terkait,” tandasnya.

Hadir dalam rakoor tersebut Plh Sekda Tanbu Mariani, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Perusahaan dan Dunia Usaha, Pimpinanan SKPD terkait, Camat serta Basarnas Kota Baru. (han)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya