Banjarmasin Miliki Potensi Besar Bisnis Pariwisata

anjarmasin, KP – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin Ikhsan Al-Haq mengatakan, daerahnya memiliki potensi besar bisnis pariwisata bagi swasta.

Namun sayangnya, tutur Ikhsan di Balaikota, Selasa pekan lalu, potensi itu tidak banyak dilirik pihak swasta dengan baik, hingga tidak ada kemajuan kepariwisataan di daerah ini.

Padahal, ucap dia, sebagai kota yang berbasis sungai, dengan andalan Sungai Martapura sebagai objek wisatanya, banyak peluang bisnis bisa dilakukan masyarakat atau swasta.

“Misalnya bisnis kapal wisata sungai, atau bisnis penyewaan jetski, sepeda air, ini hanya diantaranya,’’ ujar Ikhsan.

Berita Lainnya

Metode pembelajaran Inovatif Kunci ABK

Guru dan Penulis Tanbu Apresiasi e-book iKalsel

1 dari 1.761
Loading...

Entah mengapa ini tidak terpikirkan pihak swasta, karena tidak mungkin pemerintah kota yang mengerjakan itu.

“Harusnya yang ada potensi bisnis atau jadi uang itu dikerjakan masyarakat atau swasta, yang tidak ada potensi duitnya biar pemerintah yang ngerjakannya,’’ tutur Ikhsan.

Misalnya membangun siring sungai ini kan, itu ranahnya pemerintah, tidak mungkin pihak swasta, karena untuk fasilitas umum.

Menurut dia, pariwisata yang maju itu harus ada andil besar masyarakat, karena semua harus bersama melakukannya, tidak tertumpu ke pemerintah.

“Ini kalau pemerintah semua harus turun tangan kapan bisa majunya, sadar wisata ini yang masih kurang di daerah kita,’’ ucapnya. (net/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya