Ibnu Sina Tambah 5 Wisata Berbasis Sungai di Banjarmasin

Banjarmasin, KP – Guna melakukan percepatan dan galian nilai jual pariwisata, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin akan menambah lima destinasi wisata baru di kota yang berjuluk seribu sungai itu.

Hal tersebut disampaikan Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina disela acara pembukaan Banjarmasin Village Festival. Ia mengatakan, penambahan destinasi wisata tersebut adalah dalam rangka memberikan alternatif pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin.

“Lima wisata tambahan yang ini terletak di kawasan Kecamatan Banjarmasin Selatan yaitu Pulau Bromo dan Kuin Kacil, dan kawasan Kecamatan Banjarmasin Barat seperti Kampung Duyung, Kampung Tanggui dan Kampung Tajau,’’ beber Ibnu.

“Jadi para wisatawan bisa mendapat bermacam pilihan, mau susur sungai, pasar terpung, kampung kerajinan, kuliner dan lain sebagainya,’’ tambahnya.

Orang nomor satu di kota Banjarmasin itu menyatakan keunikan wisata susur sungai yang dimiliki oleh Kota Banjarmasin itu tidak dimiliki oleh daerah lain. “Setiap kampung yang dijadikan wisata memiliki keunikan tersendiri, namun tetap bisa diakses dengan jalur sungai,’’ ungkapnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.802
Loading...

Disebutkannya, seperti wisata petik buah atau agrowisata yang dilalui sambil menikmati susur sungai di kawasan Kampung Biuku, Sungai Andai, Banjarmasin, wisata tersebut belum ditemukan ditempat lain.

“Potensi wisata sungai yang kita miliki ini memang sangat bagus, makanya kita harus memaksimalkannya,’’ ungkapnya.

Ibnu menjelaskan, masing-masing objek wisata baru tersebut sudah memiliki Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan patriot pariwisata binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin.

“Dengan adanya Pokdarwis dan Patriot Priwisata di setiap objek wisata Banjarmasin, maka tempat tersebut akan dikelola oleh mereka untuk hasil yang lebih maksimal,’’ jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Kampung Biru, Harliansyah mengaku sangat mendukung dengan adanya penambahan objek wisata yang digagas oleh Walikota Banjarmasin.

“Dengan bertambahnya pilihan wisata yang dimiliki Kota Banjarmasin ini semoga bisa menambah khazanah dari nilai pariwisata Kota Baiman ini,’’ tutupnya. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya