Pendidikan Kebangsaan Perlu Ditanamkan Usia Dini

Banjarmasin,KP – Lagu dan cerita nasionalis ternyata mudah dan ampuh dalam menumbuhkan pendidikan wawasan kebangsaan di usia dini. Karena itu di institusi PAUD maupun TK penting dilaksanakan sebagai modal dasar pemahaman.

Akademi ULM, Dr Nina Permatasari, mengatakan, anak usia dini lebih mudah diberikan pemahaman tentang Negara Indonesia sebagai pembentukan karakter anak salah satunya dengan lagu.

“Karena di usia anak-anak lebih mudah mengingat dan menyerap pendidikan baik positif dan negatif,’’kata Dr Nia saat menjadi nara sumber pada acara Pendidikan Wawasan Kebangsaan, Rabu (12/02/2020) siang.

Dihadapan Kepala Badan Kesbangpol Kota Banjarmasin Drs H Kasman dan 100 peserta, selain pembentukan karakter, alasan pemahaman wawasan kebangsaan untuk anak PAUD juga membentuk karakter bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, berasaskan Pancasila.

Nina juga menjelaskan, pemahaman wawasan kebangsaan dapat dilakukan dengan cara tematik dalam kehidupan sehari-hari. Seperti pengenalan Indonesia, pengenalan suku-suku, budaya dan lain-lain.

Berita Lainnya
1 dari 1.801
Loading...

Ia menuturkan, pendidikan wawasan kebangsaan juga bertujuan untuk menumbukan rasa kecintaan terhadap negara atau rasa nasionalisme.

Sehingga dengan rasa nasionalisme yang tinggi, anak-anak PAUD yang merupakan generasi masa depan dapat melindungi bangsanya dari ancaman luar.

“Pendidikan wawasan kebangsaan Usia Dini efektif melindungi bangsa seterusnya,’’ katanya.

Kasdim 1007 Banjarmasin Letkol Inf Suhardi Aji, saat memberikan materi mengajak membangun sikap dan karakter bangsa, dan merupakan bagian tak terpisahkan dari program revolusi mental sebagai salah satu agenda prioritas pemerintah sebagaimana tertuang dalam nawa cita ke delapan.

Pemerintah mempunyai tujuan dari pelaksanaan bela negara diantaranya, mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, melestarikan budaya, menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, mempertahankan negara dari berbagai ancaman serta menjaga keutuhan wilayah NKRI. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya