Peserta Antusias Ikuti Cek Kesehatan Gratis KKB

Banjarmasin, KP – Puluhan anggota Kerukunan Keluarga Besar Bakumpai (KKB) dan masyarakat sekitar, antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar KKB Pusat, di kantornya Jalan Perdagangan, Banjarmasin Utara, Sabtu (15/2/2020).

Tak ketinggalan, Ketua Umum KKB Pusat, Yuni Abdi Nur Sulaiman pun berbaur dengan warga lainnya untuk memeriksakan kesehatan, yang meliputi tekanan darah, kadar gula, kolesterol dan asam urat.

“Hari ini ada kajian di KKB, yang rutin tiap bulan kita laksanakan. Kali ini, kita mengangkat tema tentang Kesehatan dalam Islam. Bedanya, hari ini kita juga gelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk keluarga besar KKB dan warga sekitar. Alhamdulillah, seperti yang kita lihat, banyak peminatnya,’’ ujarnya.

Sebelumnya, dr HM Inayatul Rahman mengupas tentang Diabetes Miletus (kencing manis), Hiperkolesterol (kolesterol tinggi) dan Hiperuresemia (asam urat berlebih) dalam pengajian rutin bulanan KKB.

Dijelaskannya, sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus. Makanan yang kita konsumsi pun akan menimbulkan penyakit bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

“Bahkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihkannya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk bernafas,’’ ujar dokter yang masih berusia muda tersebut, mengutip salah satu hadist Nabi besar Muhammad SAW.

Cegah timbulnya penyakit, lanjutnya lagi, dengan rajin berolahraga. Aturlah pola makan sehat, istirahat yang cukup, dan minum obat yang dianjurkan dengan teratur.

“Lakukan semua dengan fokus dan disiplin, In syaa Allah semua penyakit akan bisa dihindari, karena tubuh akan memproteksi dirinya sendiri jika kita mengamalkan pola hidup yang sehat,’’ jelasnya.

Pada sesi kedua, tema yang diangkat dalam kajian bulanan tersebut, yakni Vaksinasi dan Pemeliharaan Kesehatan Keluarga, yang disampaikan oleh Ninik Isni Muktamiroh.

“Sangat penting memberikan vaksinasi pada bayi dan imunisasi bertahap sesuai dengan bertambahnya usia bayi, seperti vaksin Hepatitis B, vaksin Polio, vaksin BCG, dan vaksin lainnya,’’ terang Ninik.

Selain itu, kata dia, rajin-rajinlah membersihkan rumah, kamar mandi dan bagian lain dalam rumah yang kotor. “Jangan lupa, mandi teratur 2x sehari, cuci tangan dengan sabun sebelum makan. Akses air bersih harus ada, dan konsumsi air layak minum disertai makanan yang bergizi,’’ pesannya. (opq/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...