UPR Berupaya Terapkan Kurikulum Berbasis OBE

Palangka Raya, KP – Universitas Palangka Raya (UPR) berupaya melakukan Penerapan kurikulum berbasis Outcomes Based Education (OBE), agar lulusan berkualitas, dan berkopetensi.

Terkait hal itu, digelar worshop Kurikulum berbasis OBE, yang dilaksanakan sehari, di Kampus UPR, Jum’at (7/2), diikuti jajaran akademisi UPR.

Rektor UPR melalui Direktur Program Pasa Sarjana (PPs) UPR Prof.Yetri Ludang menjelaskan dalam penyelenggaraan pendidikan, di seluruh satuan pendidikan menjadi hal yang sangat penting, untuk mempersiapkan peserta didiknya.

Tujuannya agar para lulusan dapat memiliki kompetensi, kualitas dan siap terserap di dunia kerja.

Khususunya, dilingkup Universitas Palangka Raya (UPR), kurikulum OBE sangatlah penting, untuk diimplementasikan.

Berita Lainnya

Pengurus SMSI Kalteng Resmi Dilantik

1 dari 588
Loading...

Menurut Yetrie Ludang dalam kegiatan workshop ini menghadirkan narasumber berkompeten, pada bidang kurikulum berbasis OBE, masing- masing Dr Ir Johanes Pramana Gentur Sutapa MSc Forest. Ia merupakan dosen dan peneliti dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta, yang sudah paham, dan mengerti betul apa itu Kurikulum berbasis OBE.

Workshop diisi dengan diskusi serta berbagi pengalaman terkait implementasi kurikulum berbasi OBE. Harapannya dari hasil kegiatan ini, kurikulum berbasis OBE dapat diimplementasikan di lingkungan UPR.

Sementara itu, menurut Johanes Pramana Gentur Sutapa MSc Forest menjelaskan, Kurikulum berbasis OBE itu sendiri merupakan sebuah rancangan atau design kurikulum pendidikan, yang menempatkan peserta didik, tidak lagi sebagai obyek pembelajaran, melainkan lebih sebagai subyek pembelajaran.

Maksudnya, para pendidik bersama-sama dengan para stakeholder terkait, terutama dari para penyedia lapangan pekerjaan, bersama-sama mendiskusikan dan mendesign kurikulum pendidikan, yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini, paparnya.

Dijelaskan pendidik bersama stakeholder terkait, memetakan beberapa kebutuhan, akan keterampilan dan keahlian, yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Yang selanjutnya itu, akan didesign ke dalam kurikulum pendidikan.

Disela kegiatan Direktur PPs UPR berkesempatan memberikan cinderamata, berupa plakat, yang bertuliskan moto pendidikan PPs UPR, yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’.(drt/K-10).

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya