BK Ingatkan Anggota DPRD Banjarmasin Jangan Manfaatkan Jabatan

Dalam melaksanakan tugasnya, anggota dewan diingatkan tidak boleh menggunakan wewenangnya dengan memanfaatkan tugasnya selama memangku jabatan untuk mencari keuntungan atau memperkaya diri sendiri.

BANJARMASIN, KP – Menjadi anggota dewan mungkin menjadi impian semua orang, khususnya para politikus. Namun, meski sudah menerima gaji cukup lumayan besar, para wakil rakyat ini masih ada saja belum puas dengan apa yang sudah didapatnya.

Terbukti, sudah begitu banyak anggota dewan terjerat kasus tindak pidana dengan melakukan perbuatan korupsi, baik itu yang diperoleh dari pembayaran `fee’ sebuah proyek ataupun terlibat langsung dalam sebuah pengerjaan proyek.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Banjarmasin, Abdul Gais SE pun mengingatkan, dalam melaksanakan tugasnya mengemban dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, anggota dewan tidak boleh menggunakan wewenangnya dengan memafaatkan tugasnya selama memangku jabatan untuk mencari keuntungan atau memperkaya diri sendiri.

Berita Lainnya
1 dari 1.801
Loading...

Kepada {{KP}}, Kamis (5/3/20), Abdul Gais mengemukakan, secara eksplisit memang tidak ada peraturan yang melarang anggota dewan berbinis usaha lain. Sepanjang usaha dan bisnis dijalankan itu tidak ada hubungannya dengan penggunaan dana APBD di daerah dimana anggota dewan bersangkutan bertugas.

Selain itu, katanya melanjutkan, anggota dewan juga tidak dilarang untuk duduk sebagai pemegang saham atau perseroan seperti menjadi Direksi atau Komisaris. “Jelasnya, rangkap jabatan atau juga berusaha pekerjaan lain dilarang jika ada hubungan dengan wewenang dan tugasnya sebagai anggota dewan,’’ tandas Abdul Gais.

Mantan Ketua DPRD Kota Banjarmasin ini menegaskan, larangan pekerjaan yang ada hubungannya dengan wewenang dan tugas sebagai anggota dewan tersebut sebagaimana ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor : 17 tahun 2014 Tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.

Menyinggung apakah 45 anggota DPRD Kota Banjarmasin ada ikut mengerjakan proyek atau juga bekerja dan berbinis yang dananya bersumber dari APBD, Abdul Gais mengatakan, tidak dapat memastikan.

“Mudah-mudahan tidak ada anggota DPRD Kota Banjarmasin ikut bermain dalam mengerjakan proyek dan mereka hanya fokus bekerja memperjuangkan hak rakyat demi untuk kemajuan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota ini,’’ katanya. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya